Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Dengan Tipe Make A Match

Penulis

  • Mira Anggela IAIN Palangka Raya Penulis
  • Jasiah IAIN Palangka Raya Penulis

Kata Kunci:

Media pembelajaran interaktif, Make A Match, Fiqih

Abstrak

Keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencetak siswa berprestasi sangat ditentukan oleh penerapan strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis model *Make A Match* pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII untuk meningkatkan minat, perhatian, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di MTs Terpadu Berkah, ditemukan bahwa siswa sering tidak fokus pada materi yang diajarkan, dan media interaktif belum digunakan dalam pembelajaran. Model Make A Match, yang menitikberatkan pada kegiatan mencocokkan pasangan kartu soal dan jawaban secara kolaboratif, dipilih karena kemampuannya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif.  Pengembangan media berbasis video interaktif ini memanfaatkan pendekatan pembelajaran kooperatif, yang memungkinkan siswa untuk bekerja sama, berpikir kritis, dan berkontribusi aktif dalam proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini secara signifikan meningkatkan tingkat ketuntasan belajar siswa. Sebelum penggunaan metode Make A Match, tingkat ketuntasan hanya mencapai 51%, namun setelah diterapkan meningkat menjadi 90% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Dengan langkah-langkah yang terstruktur, seperti penyampaian materi, pembagian kartu soal dan jawaban, proses mencocokkan kartu, serta presentasi hasil, siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran interaktif berbasis Make A Match efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Fiqih, khususnya sujud sahwi, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan. Model ini direkomendasikan sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Terpadu Berkah dan sekolah lainnya. 

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Acep Ruswan, Primanita Sholihah Rosmana, Annisa Nafira, Hanie Khaerunnisa, Ighna Zahra Habibina, Keysha Kholillah Alqindy, Khomsanuha Amanaturrizqi, W. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, 8(1), 4007–4016. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13009

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Ardyanto, R. (2022). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Peserta Didik pada PJOK dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 49–54. https://doi.org/10.56393/educare.v2i2.1115

Astuti, W. S., Khosiyono, B. H. C., & Cahyani, B. H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2555–2561. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6737

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.

Berliana, N. (2021). Landasan Teori اديدج. Dasar-Dasar Ilmu Politik, 18.

Diza Jusriani, & Ibrohim Muchlis. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Mts Al Mustaqim Parepare. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(2), 1–29. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i2.278

Fadillah, M. A. (2024). Model-Model Pembelajaran : Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Model-Model Pembelajaran : Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Efektivitas Pendidikan. September. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21562.81605

Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Model Dan Metode. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Nomor 4).

Fatmawati, I. (2021). The Role of Teachers in Curriculum Development and Learning. Revorma, Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20–37. http://ejournal-revorma.sch.id

Fattah, A., Arsita, D., Lestari, I., Qodri, L., Mahathir, M. S., & Tussuriani, S. (2024). Peningkatan Kinerja Guru MAS Alwashliyah 22 Tembung Melalui Pendekatan Sistem. 4(3), 117–125. https://doi.org/10.56832/pema.v4i3.522

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Fitrianti, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sparkol Videoscribe dengan Model Pembelajaran Make A Match pada Materi Lingkaran di MTS Alkhairaat. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 110–129. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.942

Hamdani, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan Bersosialisasi Dan Membangun Karakter Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 105–113. https://doi.org/10.35457/konstruk.v13i1.1469

Harefa, D. (2020). Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Peningkatan hasil belajar, 8(1), 1–18.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Ii, B. A. B., & Teori, A. D. (2009). Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Kencana, Jakarta, 2009 hal. 22. 16 15. 15–58.

Izzatunnafiza Bustami, S., Fatchiatuzahro, & Asriani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswi Kelas Vii Mts Ummul Quro Al-Islami Bogor. Shawtul ‘Arab, 3(2), 82–96. https://doi.org/10.51192/sa.v3i2.766

JASMINE, K. (2014). 済無No Title No Title No Title. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 1, 1–107.

Kelas, S., Smp, V. I. I., & Kuta, N. (2021). Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam (JIPI) MGMP PAI SMP Provinsi Bali Vol. 1, Nomor 1, Juli - Des 2021 | 45. 1(2), 45–56.

Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9526

Maghfira, L., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Sridana, N. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Jigsaw Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Materi Pola Bilangan. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 410–416. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumua, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.

Match, M. A. (2024). Make A Match, keaktifan belajar, perubahan sosial, siswa, penelitian tindakan kelas. 6(3), 186–191.

Misnawati. (2018). Penerapan Strategi Make A Macth Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pembelajaran Fiqih. 18.

Murray, F. B. (2015). Co-operative learning. Handbook of Educational Ideas and Practices, 859–864.

Naisya Ramadhani, Wafna Jannata Ulya, Septina Berlian Nustradamus, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif Dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 99–114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1941

Nurhayati, & Nasution, J. S. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Viii Smpit Fajar Ilahi Batam. Jurnal AS-SAID, 2(1), 100–115.

Nursoviani, L. D., Sahal, Y. F. D., & Ambara, B. (2020). Penerapan Media Mind Mapping Tipe Network Tree untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Ibtidaiyah. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 189. https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.405

Nurussobach, M. (2015). Pengaruh metode make a match terhadap hasil belajar fiqih siswa di mts khazanah kebajikan Tangerang Selatan. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43953%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/43953/1/MUCHAMMAD NURUSSOBACH-FITK.pdf

Pada, B., Pelajaran, M., Agama, P., Di, I., Studi, P., Agama, P., & Pascasarjana, P. (2024). “ implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar negeri 07 rejang lebong .”

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 70–123.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846

Purwati, Z. D. (2020). Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Eprints.Uad.Ac.Id, 102. http://eprints.uad.ac.id/20206/1/BUKU REF_COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.pdf

Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841

RI, P. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia 2014. Salinan, 2003(1), 1–65.

Rohana Buloto Dalam, N. (2022). Al-Muhtarif : Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Muhtarif : Jurnal Pendidikan Agama Islam. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 120–132.

Rubiati dan Wahyuni Sriwaty. (2020). Penerapan Model Inquratif Dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Berbantuan Media Film. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 28–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760432

Sutiyarsi, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Di SMPN 181 Jakarta. Jurnal Pendidikan Berafiliasi Dengan Politeknik Tunas Pemuda, 06(01), 46–67.

Tasril, V. (2022). Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Untuk Siswa SMA. LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.58918/lofian.v1i2.174

Topandra, M., & Hamimah. (2020). Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1256–1268.

Widya Ayuningtyas, K., & Zulfah, N. (2021). Analisi Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 28–32. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.70

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Anggela, M., & Jasiah. (2025). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Dengan Tipe Make A Match. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 106-118. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/272

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 98

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.