Multimedia Interaktif Berbasis Web LUMIO by Smart sebagai Metode Alternatif dalam Meningkatkan Keterlibatan Santri pada Pembelajaran PAI
Kata Kunci:
LUMIO by Smart; interactive media, Islamic Religious Education, student involvementAbstrak
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional memiliki peran penting dalam membentuk karakter santri, namun tantangan muncul seiring perkembangan teknologi dan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di kelas 10 MA Pondok Pesantren Manba’u Darissalam melalui penerapan media interaktif Lumio by Smart. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari tahapan plan, act, observe, dan reflect. Media Lumio, khususnya aktivitas Super Sort, digunakan untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif, meskipun pondok pesantren memiliki kebijakan larangan penggunaan gadget. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lumio dengan dukungan proyektor dan laptop mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, serta memfasilitasi pemahaman materi fiqih, khususnya tentang haji dan umrah. Lumio terbukti membantu guru menyampaikan materi secara interaktif melalui presentasi dan permainan, sehingga kualitas belajar siswa meningkat
Unduhan
Referensi
Chan H.S., Morgan S (2015) Interactive Learning Media to Enchancing Student Learning Proses. Journal Of Education Research,18,1467,1472.Amsterdam: Elsevier.
Educational Apps Store, (https://www.educationalappstore.com /website/lumio- bySMART).
Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167-174.
Fajrianti, D. T., Ulum, S. R., & Viratama, I. P. (2024). SOLUSI CERDAS UNTUK KEHIDUPAN MODERN DENGAN LUMIO BY SMART. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(12), 31-40.
Handayani, D., Nurhayati, N., & Herawati, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sd Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2710
Harningsih, A. Z., & Suprijono, A. PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA PEMBELAJARAN LUMIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X MAN 1 JOMBANG.
Hizbulloh, N., Anshori, A., & Hidayah, N. (2023). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah di Era Globalisasi (Studi Pondok Pesantren Tradisional Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).
Inanta, R., Zulhaji, Z., & Indrayani, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod Pada Peserta Dididk SMPK Penabur Kelapa gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418-424.
Janah, S. W., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Lumio By Smart Pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di Kelas VII MTs Al-Khairiyah Pipitan. Journal on Education, 06(01), 8041–8047. http://jonedu.org/index.php/joe
Jasiah, J., Mazrur, M., Hartati, Z., Rahman, A., Kibtiyah, M., Liadi, F., & Fahmi, F. (2024). Islamic Teachers’ Implementation of the Merdeka Curriculum in Senior High Schools: A Systematic Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(4), 394-408.
Kasmad, M., Iskandar, S., & Ruswan, A. (2022). Model Pembelajaran Digital di Era 4.0 Bagi Guru Sekolah
Komariah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221-240.
Linayaningsih, F. (2011). Metode PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Majalah Ilmiah Informatika, 2(2).
Lubis, A. H., Alwizar, A., & Yusuf, M. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Sosiologi Terintegrasi Al-Qur'an Berbasis Flip Book di MA IT Khairul Fikri Baganbatu. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2386-2394.
Lumio By Smart, (https://www.smarttech.com/en/lumio)
Maisarah, I., & Imamah, A. (2024). The Use of Lumio Applications in the Maharah Qiraah and Chitabah in Learning Arabic. Amandemen: Journal of Learning, Teaching and Educational Studies, 2(2), 89-98.
Meneses, B. W. A., Navia Mendez, N. R., Pabon Muñoz, C. A., & Papamija Muñoz, M. Y. (2022). Uso De La Herramienta Smart Learning Suite Para El Fortalecimiento De Las Competencias Operacionales Básicas De Las Matemáticas Para Estudiantes Del Grado Quinto De La Institución Educativa La Herradura, Sede Garbanzal Municipio De Almaguer–Cauca (Doctoral Dissertation, Universidad De Cartagena).
Mukhid, M. P. (2023). Penjaminan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Dengan Teknologi Pembelajaran.
Mutia, T., Agustina, S., Suroso, S., & Akhmad, R. (2020). Pengaruh pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar geografi. Geodika: jurnal kajian ilmu dan pendidikan geografi, 4(2), 210-219.
Nur Alifah, H., Virgianti, U., Imam Zamah Sarin, M., Amirul Hasan, D., Fakhriyah, F., & Aditia Ismaya, E. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.463
Nur, F. D., & Agusti, F. (2023, June). KOMPENSASI KARYAWAN BERPERAN SEBAGAI PENGARUH DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT. SARI WARNA ASLI UNIT III). In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi (Vol. 3, No. 1, pp. 718-718).
Nurmaulidiyah, N., Apiati, V., & Nurhayati, E. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LUMIO BY SMART. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 175-182.
Osipova, E., & Bagrova, Y. Y. (2022). Lumio by Smart in Distance Learning: a Case of EFL Vocabulary Learning. Russian Linguistic Bulletin, (5 (33)), 7
Pamungkas, R. S. A., & Wantoro, J. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1286-1297.
Prayogo, L., Chandrawan, D., & Achyani, T. (2024). Media Pembelajaran Lumio: Workshop untuk Guru SMKN 2 Cikarang Barat. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 5(1), 20-29.
Rusmiyati, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Nearpod Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI-5 SMA Negeri 1 Pulung Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024 (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Madiun).
Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran: implementasi pembelajaran era 4.0.
Sanam, M., Fontes, I. S., Putri, M. I., Larasati, D. A., & Murwanti, D. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF LUMIO BY SMART DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6114-6121.
Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika (Vol. 550259). cv. Mine.
Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–jenis media dalam pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16. Taniredja, Tukiran dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta
Thohir, M. F., Abdillah, A., & Mahsup, M. (2024, August). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lumio Pada Materi Pola Bilangan Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 4, No. 1, pp. 531-537).
Ulfah, S. M., & Suwito, S. (2022). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Paradigma Pembelajaran Fiqih:(Studi Implementasi Kurikulum 2013 di MTs Ma’ arif NU 1 Kembaran Kabupaten Banyumas). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 844-854
Wirda, A. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung Al Falah Di Jambi Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Zahrah, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Lumio By Smart Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anna Noprianty, Jasiah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.