Pengembangan Strategi Pembelajaran PJBL Dengan Menggunakan Model Morrison Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Kelas 10
Kata Kunci:
Morrison; Mind mapping; Partisipasi; Pengembangan StrategiAbstrak
Penelitian ini memberikan penjelasan mengenai strategi pembelajaran yang berbasis proyek yang dimana pembelajaran ini berfokus kepada peserta didik sehingga guru tidak mengajar satu arah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan meningkatkan partsipasi siswa. Metode yang digunakan adalah pengembangan, yaitu model morrison dengan beberapa tahapan seperti identifikasi masalah instruksional, analisis tugas, penentuan tujuan pembelajaran, desain strategi pembelajaran, dan evaluasi&revisi. Adapun teknik pengumpulan data pada artikel ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisi data yang di gunakan artikel ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang di dapatkan pada artikel ini yaitu strategi pembelajaran project based learning berbasis mind mapping dengan menggunakan model morrison terbukti efektif membantu guru dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat didukung dengan respon mahasiswa yang menunjukkan kriteria yaitu “baik” maka pembelajaran dengan strategi pjbl dengan menggunakan model morrison selain dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa belajar model morrison juga dapat membantu guru dalam mendesain pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih bermakna
Unduhan
Referensi
Adha, C., Fadilla, S., & Muhammad, N. (2024). Pentingnya Strategi Pembelajaran Efektif Yang Berpusat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 1–10.
Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model pembelajaran abad 21. In CV. Muharika Rumah Ilmiah (Vol. 1, Issue 55).
Dr. Musringudin, M. P., Prof. Dr. Abd. Rahman A. Ghani, M. P., & Dr. Dwi Priyono, M. P. (2022). MODUL PEMBELAJARAN EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN. In R. R. Rerung (Ed.), MODUL PEMBELAJARAN EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN (Maret, 202, pp. 1–227).
Edhy Rustan. (2023). Desain Instruksional dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa. In E. T. Setiawan & H. Efriyadi (Eds.), Selat Media Patnes (cetakan pe).
Fuad Mohammad Berawi. (2017). Metodologi Penyelidikan Panduan Menulis Tesis (R. Ishak & S. N. A. Zanudin (eds.); cetakan pe).
HANDINI, K. P. (2022). Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Metode Mind Mapping Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(90), 85–91.
Harahap, A. S. & H. A. (2019). Gerakan Inovasi Mendidik Berkarakter (A. Hastono (ed.); ke 1).
Harmoni. (2020). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(83), h.83-84.
Hasan, A. (2022). Project based learning dalam pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2 No 4(183), 178–189.
Ina, M., Shifa, F., Widiya, S. P., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(284), 283–295.
Jasiah, Mazrur, Hartati, Z., Rahman, A., Kibtiyah, M., Liadi, F., & Fahmi. (2024). Islamic Teachers’ Implementation of the Merdeka Curriculum in Senior High Schools: A Systematic Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(397), 394–408. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.4.21
Lestari, S., & Yuwono, A. A. (2022). Coaching unutk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek. In T. K. Fayakun (Ed.), Engineering (ke 1 dan k, Issues 1-).
Mahrini, M. Azra Fajar L. Maya Sari A. A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Sparkol Dan Puzzlemaker Pada Mata Pelajaran Ski. Jurnal Jp2n, 1(52), 43–54.
Mcardle, J. B. And C. (2023). Pars In Charge Resources And Strategies For Online Writing Program Leaders ( And A. W. Aimee Mcclure, Mike Palmquist (Ed.)).
Monigir, N., & Wakari, T. I. (2024). Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Dengan Media Interaktif Wordwall. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3 No 6(7879), 7879–7887.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. In A. Daulay (Ed.), G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling (pertama, Vol. 3, Issue 1). Perdana Mulya Sarana.
Putrawangsa, S., & Dkk, siti N. (2019). Buku Strategi Pembelajaran. In A. R. Sophe (Ed.), Cv. Reka Karya Amerta (Issue April). Edu Pustaka.
Slamet Widodo, F. L. D. (2023). Metodologi Penelitian. In Cv Science Techno Direct (Januari 20).
Sofyan Iskandar, Primanita Solihah Rosmana, Lisa Nabilah Oktaviani, Y. A. M. T. (2024). Penataan Ruang Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 8, 1–9.
Susilawati, S., & Jannah, W. N. (2019). Metode Pembelajaran Montessori Berbasis Alat Peraga Matematika Berbahan Limbah Karet Spons Terhadap Partisipasi Aktif Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 107–116. Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(86), 84–93.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68.
Zain, M. (2017). PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN BAHAN AJAR. Volume VI(172), 172–178.
Zikrillah. (2022). Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Huda. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(37), 37–41.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Azra Fajar, Jasiah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.