Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Canva Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IX Darul Ulum Palangka Raya
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Canva, Pemahaman KonsepAbstrak
Artikel ini terkait dengan pengembangan media pembelajaran berbasis video yang dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan aplikasi canva di MTs Darul Ulum Palangka Raya. Tujuan utama penelitian adalah mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis video untuk materi al-qur’an hadist kelas IX di MTs Darul Ulum Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Tahapan-tahapan penelitian meliputi identifikasi masalah, desain media pembelajaran, pengembangan media, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui obeservasi wawancara, angket, dan dokomentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video yang dikembangkan sangat efektif dalam meningkatkan semangat siswa belajar dan mempermudah dalam memahami materi maad dan pembagiannya. Dari hasil Validasi ahli media dan ahli materi media ini berhasil memperoleh skor yang tinggi, serta mendapat antusiasme positif dari siswa kelas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis video yang dibuat semenarik munkin untuk pembelajaran al-qur’an hadist membawa hasil yang positif. Oleh karena itu hasil ini bisa dijadikan rujukan bagi guru dan instansi pendidikan lainnya guna untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar.
Unduhan
Referensi
A. Suryanti, I.N.A.S. Putra, & F. Nurrahman. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147–156. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651
Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. 5(1), 75–84.
Arsyad, M. N., & Fatmawati, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 188. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702
Azhar, A. A., Prabowo, B., Nasir, M., Anisyah Hasibuan, Y., & Taufiq Azhari, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.58432/algebra.v2i2.397
Didik, D. P., & Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru. 2(1), 229–234.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Jaringan, K. (2023). Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. 4(1), 39–45.
No, V. (2022). JurnalCakrawalaPendas PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS. 8(3), 841–850.
Parina, R., Wijaya, A., & Apridiansyah, Y. (2022). Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif SD N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android. Jurnal Media Infotama, 18(1), 121.
Penelitian, M., & Konsep, D. (2024). dan Kelebihan. 9, 1220–1230.
Zalewska, E., & Trzcińska, K. (2022). Effectiveness of distance learning during the COVID-19 pandemic. Wiadomości Statystyczne. The Polish Statistician, 67(10), 48–61. https://doi.org/10.5604/01.3001.0016.0659
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Alpianor, Jasiah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.