Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Quizalize Dengan Model Morisson Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas X Di MA Darul Amin
Kata Kunci:
Al-Qur'an Hadits, Media pembelajaran, Model Morrison, Game edukasi, QuizalizeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbasis Quizalize pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas X di MA Darul Amin. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Morrison yang dimodifikasi menjadi 7 tahap: identifikasi masalah, analisis kebutuhan, tujuan instruksional, urutan pembelajaran, strategi pembelajaran, penilaian, dan pengembangan media. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 90% dengan kategori "Sangat Layak", sementara validasi ahli media memperoleh persentase 83% dengan kategori "Sangat Layak". Media pembelajaran yang dikembangkan berupa game quis interaktif dengan 10 soal evaluasi materi Kebenaran Penurunan Al-Qur'an, dilengkapi sistem penilaian otomatis dan batasan waktu 30 detik per soal. Implementasi media membutuhkan perangkat seperti laptop atau handphone yang terhubung internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game edukasi berbasis Quizalize layak digunakan dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits.
Unduhan
Referensi
Achmad Jalilul Chakam, Sirojuddin Qosim, Asep Saepul Hamdani, and Irma Soraya. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video Pada Kelas IX SMP Al-Furqan Madrasatul Quran.” Tadbir Muwahhid 7(2): 205–55.
Aprilia, Umi Anisa, and Kata Kunci. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Quiziz Terhadap Terhadap Kemampuan Literasi Peserta Didik The Effect of Using Quiz Media on Learners ’ Literacy Skills Abstrak.” 1(1): 13–18.
Fatoni, Akmal Kurniawan, and Nur Ainiyah. 2024. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Platform Quizalize Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bolaang Mongondow.” Jurnal al-Mashadir PBA IAIN Manado 4(1): 33–47. https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/almashadir/article/view/803/586.
Firdayanti, Risa Novianda. “Jurnal Riset.” : 66–75.
Hafizha, Faiza Zalfa et al. 2020. “Penggunaan Quizalize Sebagai Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cahaya Mandalika (JCM): 31–36.
Hanik, Elya Umi et al. 2022. “Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL Dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital.” JEID: Journal of Educational Integration and Development 2(1): 15–27.
Jasiah et al. 2024. “Islamic Teachers’ Implementation of the Merdeka Curriculum in Senior High Schools: A Systematic Review.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 23(4): 394–408.
Mare, Monika Simare, Henry Eryanto, Roni Faslah, and Universitas Negeri Jakarta. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizalize Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Di SMK.” 5(9): 3688–97.
Reksiana. 2022. “Pengembangan Desain Model Kemp Dalam Pembelajaran.” Alim Jurnal Islamic Education 4(1): 105–24.
Singgih Adi Nugroho et al. 2023. “Penerapan Model ASSURE Dengan Media QuizAlize Dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Berita Kelas VII.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan 1(2): 56–67.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Lisda, Jasiah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.