Metode Observasi Lingkungan Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa MTs Zahrotul Islam Probolinggo
Abstrak
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Mts Zahrotul Islam dalam mata pelajar ilmu pengetahuan alam maka dilakukanlah penelitian ini dengan menggunakan metode observasi lingkungan. penelitian ini dilaksanakan dengan siswa-siswi yang berjumlah 23 siswa yang bertempat di Mts Zahrotul Islam Kec. Dringu Kab Probolinggo. Penelitian ini berhasil didapatkan setelah melakukan dua kali penelitian kelas yang mana dalam sekali penelitian menggunakan empat tahapan, yaitu: Rencana tindakan (planing), memulai Tindakan (acting), observasi (observing) dan merefleksi tindakan (reflecting). dari hasil observasi dan dokumentasi menemukan hasil sebagai berikut : (1) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi ekosistem bagi siswa dapat ditingkatkan melalui metode observasi lingkungan, (2) Setelah melakukan observasi lingkungan terdapat beberapa peningkatan, yang mana siswa mulai aktif dan mampu mencerna mata pelajaran dengan baik dimana hasil ini dibuktikan dengan siwa mampu menjawab pertanyaan dari soal yang mudah hingga soal sulit dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Aliyah, N. K. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas V SDN Sukosari 02 Dagangan Madiun. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.212
Anis Wahdati Sholekah. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Arieshandy, R. A., Angganing, P., & Riyadi, S. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 47–56. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.114
Atmojo, S. E. (n.d.). PENERAPAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGELOLAAN LINGKUNGAN Setyo Eko Atmojo IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE LEARNING ACHIEVEMENT IN ENVIRONMENT.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Butudoka, H. D. (2016). Penerapan Pengamatan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 2 Labuan Lobo Kecamatan Ogodeide …. Jurnal Kreatif Online, 4(3), 143–153. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3415
Ejin, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 66. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72
Eka Ariyanti, Y., Candra Yusro, A., & Sumariyanto. (2023). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sd Negeri 2 Tegalombo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2543–2559.
Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13
Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dengan Metode Observasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772
Hartana, A., Punajii, S., & Dedi, K. (2016). Penerapan strategi pembelajaran paradigma pedagogi ignatian (reflektif) terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi berprestasi belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(4), 765–779. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6555
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Hidayati, N., Bustan, A., & Hartanto, T. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Tekanan. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i1.3679
Isti, S. N. D., & Suryanti. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berpikir Kreatif Melalui Model Inkuiri, 1(2), 1–14.
Keguruan, F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2017). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA.
Khanifah, S., Pukan, K. K., Sukaesih, S., & Biologi, J. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology EducationJ.Biol.Educ. Unnes Journal of Biology Education, 1(11), 66–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Nisa, H. U. (2019). Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7.
Permadi, A. S., & Saini, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 20–26. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.754
Pujiyanto, H. (2021). Metode Observasi Lingkungan dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 749–754. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.143
Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238
Rahmi, L., & Yuswanti, D. (2021). Meningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JuDha_PGSD: Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 73–85. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha
Sukawati, I. (2020). Meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam melalui pendekatan lingkungan pada siswa sekolah dasar. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 10(1), 19. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.40
Suprapti, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar IPA melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Siswa Kelas VII-A SMPN 1 Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(2), 60–65. https://doi.org/10.54065/pelita.1.2.2021.89
Uli, I., & Lizawati, L. (2019). Teknik Observasi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. SeBaSa, 2(2), 109. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i2.1569
Umiyati, T. (2014). Pemanfaatan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tema Lingkungan Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 02(03), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/253504-none-274ed95c.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mufti Miftahul Huda, Benny Prasetya, Ahmad Adib Aziz, Ahmad Jayani (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.