Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Desa Bandar Tinggi
Kata Kunci:
Pembelajaran Digital, Pendidikan Agama Islam, Madrasah, Teknologi PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis digital dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di madrasah Desa Bandar Tinggi. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknologi digital serta mengevaluasi efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, siswa, dan kepala madrasah di Desa Bandar Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital dalam pengajaran PAI sudah mulai diterapkan di madrasah Desa Bandar Tinggi, terutama melalui platform seperti YouTube, Google Classroom, dan aplikasi Al-Qur'an digital. Model pembelajaran berbasis digital mampu meningkatkan minat belajar siswa dan memberikan variasi dalam metode pengajaran. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan akses internet, kurangnya fasilitas teknologi di madrasah, serta keterampilan guru dalam memanfaatkan media digital. Model pembelajaran berbasis digital berpotensi meningkatkan efektivitas pengajaran PAI. Namun, masih diperlukan pelatihan bagi guru, peningkatan fasilitas teknologi, serta dukungan dari orang tua dan pihak sekolah agar model pembelajaran ini dapat diterapkan secara optimal.
Unduhan
Referensi
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.
Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative research: A guide to design and implementation. John Wiley & Sons.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). Sage Publications.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1. On the Horizon, 9(5), 1-6.
Spradley, J. P. (2016). Participant observation. Waveland Press.
Sugiharto, R. (2022). Tantangan Implementasi Pembelajaran Digital di Sekolah Pedesaan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 87-98.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anwar Sazali (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.