Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Di Lingkungan Madrasah

Penulis

  • Abdul Rosip Siregar STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Remaja, Madrasah, Pendidikan Karakter

Abstrak

Kenakalan remaja merupakan salah satu tantangan besar dalam dunia pendidikan, termasuk di lingkungan madrasah. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa agar terhindar dari perilaku menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam mencegah kenakalan remaja di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam mencegah kenakalan remaja meliputi pendekatan keteladanan, pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam, penguatan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, serta kerja sama dengan orang tua dan masyarakat. Faktor pendukung keberhasilan strategi ini adalah lingkungan madrasah yang kondusif dan kebijakan sekolah yang mendukung pendidikan karakter. Namun, terdapat tantangan berupa pengaruh negatif media sosial dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam pembinaan akhlak siswa. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara guru, sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan remaja di lingkungan madrasah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ahmad, M., & Ismail, Z. (2021). Pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter remaja di madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 67-81.

Fathani, A. (2019). Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di madrasah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 15(3), 115-130.

Hidayat, S., & Yunus, F. (2020). Peran guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 45-59.

Nurfalah, L., & Jamil, M. (2022). Kenakalan remaja dan pengaruhnya terhadap perkembangan sosial di kalangan pelajar. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 14(4), 210-225.

Sutrisno, H., & Umi, S. (2021). Pendidikan karakter di madrasah: Upaya mengurangi kenakalan remaja. Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial, 19(2), 97-110.

Syamsuddin, A. (2018). Pembinaan karakter melalui pendidikan agama Islam di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 24(1), 1-10.

Rosyidi, M. (2019). Integrasi nilai-nilai agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler di madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 123-139.

Harto, T. (2020). Konseling pendidikan dalam pencegahan kenakalan remaja di sekolah. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 25(3), 78-89.

Zainuddin, F., & Siti, K. (2020). Peran orang tua dalam pembinaan karakter remaja di madrasah. Jurnal Pendidikan Keluarga, 13(4), 55-69.

Fitria, E. (2021). Penerapan disiplin positif dalam pendidikan agama Islam untuk pencegahan kenakalan remaja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Psikologi, 10(1), 34-49.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Siregar, A. R. (2025). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Di Lingkungan Madrasah. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 320-325. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/339

Artikel Serupa

1-10 dari 150

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.