Asesmen Dan Evaluasi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini
Abstrak
Asesmen dan evaluasi pada pembelajaran anak usia dini merupakan hal yang penting untuk memastikan bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Artikel ini akan membahas beberapa metode asesmen dan evaluasi yang relevan dalam konteks pendidikan anak usia dini. Pertama, asesmen formatif memainkan peran kunci dalam memahami kemajuan anak dalam pembelajaran. Pendekatan ini melibatkan pengamatan guru terhadap aktivitas anak, interaksi sosial, dan pencapaian dalam berbagai keterampilan. Hasil asesmen formatif dapat digunakan untuk menyesuaikan strategi pembelajaran secara real-time, memperbaiki kelemahan, dan memperkuat kekuatan anak. Kedua, asesmen sumatif memberikan gambaran lebih menyeluruh tentang kemajuan anak dalam jangka waktu tertentu. Ini bisa melibatkan penggunaan tes standar atau portofolio yang mencatat capaian anak dalam berbagai area perkembangan seperti kognitif, motorik, bahasa, dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran, untuk mengetahui pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran dalam pengembangan program pembelajaran, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran dalam pengembangan program pembelajaran. Dengan demikian, asesmen dan evaluasi pada pembelajaran anak usia dini haruslah komprehensif, mengakomodasi kebutuhan individu anak, dan memberikan wawasan yang berharga bagi guru dan stakeholder lainnya dalam memperbaiki praktik pembelajaran dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal anak.
Unduhan
Referensi
E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Ank Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014 Sukardi. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2011
Utami Munandar. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012 Ujang Khiyarusoleh. (2016). “Konsep Dasar Pembelajaran Kognitif Pada Anak Menurut
Piage. Urnal Dialektika Jurusan PGSD, vol, 5, No.
Wirawan. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Depok: PT Raja Grafindo Persada., 2012.
Nasution, H. S. (2023, February). Negotiation in Business Communication on Entrepreneurship. In Proceeding Medan International Conference on Economic and Business (Vol. 1, pp. 2222-2234)
Nasution, H. S., & Soemitra, A. (2022). MULTI LEVEL MARKETING SHARIA. JESKaPe: Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi dan Perbankan, 6(1), 150-169.
Rumsa, J., Novianti, W., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas VI SD IT Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 118-123.
Pratiwi, I. D., & Syahlan, A. (2023). Utilization of Power Point Applications in Learning Islamic Religious Education in Increasing Student Learning Motivation at Al-Hasymiyah Tebing Tinggi Islamic Boarding School Aliyah. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 13-15.
Fadilah, R., Savitri, S. I., Alfita, L., & Parinduri, S. A. (2022). Islamic patience exercises to reduce delinquency in adolescents viewed from parenting patterns. Revista de Psicología del Deporte (Journal of Sport Psychology), 31(1), 67-78.
Harahap, R., & Nasution, H. S. (2023). Kuntowijoyo's Thoughts On Prophetics And Its Implementation In The Curriculum Islamic Education. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 62-72.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Iqbal Affandi (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.