Peranan Administrasi Pendidikan
Kata Kunci:
Guru,MuridAbstrak
Penelitian ini membahas tentang peran administrasi pendidikan dalam dalam hal ini perangkat pembelajaran sebagai upaya peningkatan keislaman profesionalisme guru pendidikan di MTs DDI Cilellang, Barru Daerah. Tujuannya adalah untuk menganalisis: 1) keadaan pendidikan administrasi yang dibuat oleh guru; 2) bentuk guru profesionalisme; dan 3) kontribusi pendidikan administrasi dalam meningkatkan profesionalisme guru. Tipe dari Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Informan di Penelitian ini adalah guru Al-Qur’an-Hadis, guru Akidah Akhlak, guru Fikih, dan guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTS Muhammadiyah Sei Rampah Kabupaten Sedang Bedagai. Hasilnya menunjukkan bahwa keadaan administrasi pendidikan guru di MTS Muhammadiyah Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai sudah lengkap dan diterapkan dengan baik di bidangnya proses pembelajaran di kelas. Bentuk guru profesionalisme adalah melaksanakan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai guru dengan baik. Kontribusi administrasi pendidikan di mengembangkan profesionalisme guru di MTS Muhammadiyah, Serdang Bedagai Regency ada lima, yaitu: (1) manajemen waktu, (2) kelas manajemen, (3) merangsang untuk berinovasi, (4) merangsang untuk berkembang keterampilan teknis, (5) dan konsep transformasi siswa.
Unduhan
Referensi
Afiif, Ahmad, dan Ridwan Idris. 2017. “Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas TerhadapPerilaku Belajar Mahasiswa pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 19 (2): 131–45.
Anggoro, Subuh, Sri Harmianto, dan Pratik Dwi Yuwono. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Tematik Sains Menggunakan Inquiry Learning Process dan Science Activity Based Daily Life.”JPPM: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2 (1) :29–35.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Baharun, Hasan. 2016. “Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan AgamaIslam di Madrasah.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 3 (2): 204–16. Burga, Muhammad Alqadri (Guru Quran Hadis MTs DDI Cilellang). 2018. Wawancara. Oleh penulis di Cilellang, 28 Mei 2018.Burhanuddin, Yusak. 2005. Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Darimi, Ismail. 2017. “Information and Communication Technologies Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Era Teknologi Informasi.”Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1 (2):111–21.
Darmadi, Hamid. 2016. “Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 13 (2):161–74.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Quran dan Terjemahnya. Saudi Arabiah: Khadim alHaramain al-Syarifain. Heriadon, Tuni, dan Toyo Manurung. 2016. “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA Berbasis KTSP dan Korelasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Parbuluan TP 2014/2015.” Jurnal Pelita Pendidikan 4 (1): 188–95.
Ismail, Feiby. 2018. “Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 2 (2): 1–13. Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing. Mania, Sitti. 2017. “Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan
Pengajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 11 (2): 220–33.Masita (Guru Akidah Akhlak MTs DDI Cilellang). Wawancara. Oleh penulis di Cilellang, 15 Mei 2018. Moleong, Lexy J. 2007.
Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Musliaty (Guru SKI MTs DDI Cilellang). 2018. Wawancara. Oleh penulis di Cilellang, 21 Mei 2018.Nasir, Muh. (Guru Fikih MTs DDI Cilellang). 2018. Wawancara. Oleh penulis di Cilellang, 07 Mei 2018. Purwanto, M Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
———. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.Ramayulis. 2015. Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Rohmah, Noer. 2016. “Inovasi Strategi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 6 (2):19–41.Sihombing, T. Betaria. 2010. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis KTSP.Medan: Unimed.
Rini Wahyuni Siregar, Hubungan persepsi siswa tentang kepribadian guru fiqh dengan niat belajar siswa(, jurnal of education, 2021)
Nasution, A. A., Siregar, R. W., & Usnur, U. H. (2021). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Fiqih Dengan Minat Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Al Washliyah Bandar Rejo Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun. ALACRITY: Journal of Education, 78-89.
Neliwati, N., Siregar, R. W., & Nasution, W. R. (2021). Implementasi Pembelajaran Arah Mata Angin Melalui Metode Snowballing Throwing Pada Siswa Kelas 6 SD Negeri 014716 Simondong Kecamatan Sei Suka Kabupeten Batu Bara. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17-24.
Siregar, R. W., Siahaan, A., & Nasution, I. (2023). Upaya Meningkatkan Mutu Manajemen Melalui Mekanisme Penetapan Pembiayaan Pendidikan Di Mts Se Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Research and Development Journal of Education, 9(1), 73-79.
Siregar, R. W. (2021). Penerapan Analisis Swot dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 413-418.
Siregar, R. W. (2021). Penerapan Analisis Swot dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 413-418.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Annisa Khumairani, Uswatun Hasanah Usnur (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.