Peranan Keluarga Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan 6 Kelurahan Satria Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi
Kata Kunci:
Peranan Keluarga, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia DiniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk pendidikan agama Islam yang ditanamkan oleh keluarga pada anak di Lingkungan 6 Kelurahan Satria Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi (2) Peranan keluarga dalam menanamkan pendidikan agama Islam pada anak di Lingkungan 6 Kelurahan Satria Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi (3) Faktor pendukung dan penghambat peranan keluarga dalam menanamkan pendidikan Agama Islam pada anak di Lingkungan 6 Kelurahan Satria Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif- deskriptif. Data yang didapatkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, sajian data, dan verifikasi data/menarik kesimpulan. Untuk teknik pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan ketekunan/keajegan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk pendidikan agama Islam yang ditanamkan oleh keluarga pada anak di Lingkungan 6 Kelurahan Satria Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi yaitu pendidikan akidah, ibadah, akhlak, dan moral (adab) (2) Keluarga khususnya orang tua berperan sebagai pendidik, motivator, pengawas, teladan, dan penyedia fasilitas belajar bagi anak. (3) faktor pendukung yaitu keadaan ekonomi keluarga, pendidikan orang tua yang tinggi, lingkungan masyarakat yang baik, tekad orang tua, dan semangat belajar dari anak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan yang kurang baik, perkembangan tekhnologi, kesibukan orang tua, orang tua yang kurang paham tentang ajaran agama Islam, tingkat kecerdasan anak yang rendah, dan rasa malas belajar pada anak.
Unduhan
Referensi
Ab Marisyah, R. F. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Jakarta.
Al-Abrasy, A. (2019). Dasar-dasar pokok pendidikan islam.
Daradjat, Z. (2019). Pendidikan Islam Dalam Keluarga.
Dompas, R. (2021). Peran keluarga terhadap Pemberian Asi Ekslusif.
Habibahtiah. (2022). Peran Keluarga Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Dusun Karang Bejelo Montong Terep Praya Lombok Tengah.
Halili, heri rifhan, Saidah, L., & Prasetiya, B. (2022). Peranan Keluarga Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo). IMTIYAZ, 06.
Harahap, R., & Nasution, H. S. (2023). Kuntowijoyo's Thoughts On Prophetics And Its Implementation In The Curriculum Islamic Education. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 62-72.
Jailani, M. S. (2022). Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. STAIN.
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. STMIK Jayakarta.
Khumas, A. (2014). Fungsi Keluarga Dalam Dunia Pendidikan. Jakarta.
Lestari, S. (2014). Psikologi Keluarga Penanaman Nilai Dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta.
Mazhahiri, H. (2014). Pintar Mendidik Anak. Jakarta: Lentera.
Mujiyah. (2023). Peran Keluarga dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak di Sekolah Dasar. Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 3.
Pristiwanti, D. (2022). Pengertian Pendidikan. pendidikan dan konseling.
Rahmalia Wahab, d. (2019). Kecerdasan Emosional Dan Belajar. Palembang: Grafika Telindo Press.
Rihanna, W. V. (2022). Peran Keluarga Dalam Menanamkan Pendidikan Agama. Universitas Mataram.
Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Sahara, A., Parinduri, S. A., & Nasution, H. S. (2023). The Role Of Islamic Community Figures In Fostering Youth Religious Activities At The Al-Amin Mosque In Kuala Tanjung Village, Sei Suka District, Batu Bara Regency. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 87-92.
Santika, T. (2019). Peran Keluarga Guru Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Pendidikan Unsika.
Sastraatmadja, A. H. M., Nurhasanah, D. P., Priyana, Y., & Supriandi, S. (2023). Peran Keluarga dalam Pendidikan Islam Guna Membentuk Generasi Islam yang Berkualitas di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan West Science, 1.
Supinganto, A. (2021). Peran Keluarga Terhadap Ibu Menyusui. Sebatik.
Syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Rosida.
Syahreni, A. (2019). Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Bimbingan Penyuluhan Islam.
Ulfa. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Islam, 4-5.
Ulwan, A. N. (2014). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
Wardatul Villa Raihana. (2022). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Dusun Taman Daye Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Universitas Islam Negeri Mataram.
Warsah, I. (2020). Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Bali.
Wibowo, J. (2020). Ku Mendidik Anakku Dengan Cinta C.I.N.T.A. jakarta: Geupedia.
Winkel, W. S. (2022). Psikologis Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Zuriyah. (2019). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Agama Islam Di Rw 05 Desa Karang Dowo Keduwungi Pekalongan. STAIN.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Penerbit CV. Alfabeta.
Hariyanti. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Malang: Penerbit Gunung Samudra.
Abbudin. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Efendi. A. (2021). Belaja Dari Lukmanul Hakim Pendidikan Aqidah Anak. In Penerbit Guepedia.
Azyumardi. (2018). Kajian Tematik Al-Quran Tentang Ketuhanan. Bandung: Angkasa Bandung.
Jasuri. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Madaniyah.
Junaidah. (2017). Pembangungan Akhlak Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Idarah; Jurnal Kependidikan Agama Islam.
Raihan. (2022). Pentingnya Pendidikan Adab (Moral) Pada Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Agus. (2021). Peran Keluarga Terhadap Ibu Menyusui. Sebatik: Manajeman Laktasi Berbasis Evidence Terkini.
Dwi. (2021). Peran Keluarga Terhadap Pemberian Asi Ekslusif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Adrian. (2017). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosialisasi Keagamaan.
Novrinda. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia.
Maryani. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pemebelajaran Daring (Studi Kasus Di Sdit Ibnu Sina Nunukan. Jawa Barat: Cv Adanu Abimata.
Gufron. M. (2020) Analisis Faktor Yang Menghambat Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa SDN 02 Serut. Jurnal Ilmu Sosial.
Maryono. Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Ramalia. W. Dkk (2012). Kecerdasan Emosional Dan Belajar. Palembang: Grafika Telindo.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fahri Najwansyah, Herry Syahbannuddin Nasution, Ali Syahlan (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.