Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih
Kata Kunci:
Penggunaan Media Powerpoint, Minat Belajar SiswaAbstrak
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka-angka baik yang secara langsung diambil dari hasil penelitian maupun data yang diolah dengan menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji regresi linear sederhana menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 27 for windows. Hasil penghitungan koefisien regresi sederhana diatas memperlihatkan nilai koefisien konstanta adalah sebesar 11,184 koefisien variabel bebas (X) adalah sebesar 0,738. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y = 11,184 + 0,738X. Nilai thitung sebesar 10, 877 dengan nilai sig. 0,001, dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai thitung (10,877) > daripada ttabel (1,6626). Begitu juga dengan nilai sig (0,001) < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha di terima, artinya terdapat Pengaruh Penggunaan Media PowerPoint terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih. Koefisien Determinasi dapat diketahui besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,582 atau sebesar 58%. Hal ini menunjukkan jika variabel Penggunaan Media PowerPoint (variabel X) dapat mempengaruhi minat belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam (variabel Y) sebesar 58%, sisanya sebesar 42% (100%-58%) di pengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak yang tidak disertakan dalam penelitian ini seperti strategi pembelajaran, motivasi belajar siswa, lingkungan sekolah dan lain sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Unduhan
Referensi
Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Bungin, B. (2019). Penelitian Kuantitatif,. Jakarta: Kencana.
Elnumeri, F. (2021). Senarai Pemikiran Sulistyo Basuki: Profesor Pertama Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Di Indonesia. Jakarta: Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (ISIPII).
Fathoni, A. (2019). Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrahman, M., & Sulistyorini. (2018). Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15 (1), 59–79.
Pratiwi, I. D. ., & Syahlan, A. . (2023). Pemanfaatan Aplikasi Power Point Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Aliyah Pondok Pesantren Al-Hasymiyah Tebing Tinggi. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13-15
Nurhasanah, S., Siregar, C., & Syahlan, A. (2023). Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Agama Islam Kelas IV SDN 104325 Kampung Manggis. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 56-62.
Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3 (1), 320.
Nurhikmah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 5 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3 (1), 171–187.
Oetomo, B. S. D. (2018). E-Education. Yogyakarta: Andi Offset.
P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (2), 205.
Rahmi, A. M., & Anggraeni, D. (2024). Penanaman Kedisiplinan Melalui Media Ebook di Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1), 5281–5288.
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202.
Sadiman, A. (2019). Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Suarno, W. (2020). Perpustakaan dan Buku. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiono. (2018). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumarsono, L. M. A., & Anggaryani, M. (2022). Pengembangan PowerPoint Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11 (2), 24–32.
Tanzeh, A. (2018). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Vivian, J. (2019). Teori Komunikasi Massa: The Media of Mass Communication 8th edition. Jakarta: Kencana.
Widiyanto, M. A. (2019). Statistika Terapan. Jakarta: Gramedia.
Yanti, A. D. (2022). Pengaruh Penggunaan PowerPoint Berbasis Flip PDF Profesional Terhadap Minat Belajar Pada Pembelajaran Tematik di Kelas 1.
Yusnimar. (2014). Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Jakarta. Al-Maktabah, 13 (1), 34–39.
Zaki Al Fuad, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3 (2), 54.
Ziya, K. (2023). Efektifitas Penggunaan PowerPoint Bagi Siswa Sma Negeri 5 Banda Aceh. 1–96.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tri Nanda Dewi, Chairuddin Siregar, Ali Syahlan (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.