Pengaruh Sarana Audiovisual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Islamic Amalia Kota Tebing Tinggi

Penulis

  • Azlam Zul Ashfi Lubis STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Chairuddin Siregar STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Muliatno STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Sarana Audiovisual, Prestasi Belajar, Pelajaran Akidah Akhlak

Abstrak

Tujuan Penelitian untuk mengetahui untuk menganalisis pengaruh sarana (audio visual) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Islamic Amalia Kota Tebing Tinggi; untuk mengetahui terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan audio visual dan tidak menggunakan. Sarana pendidikan adalah segala sesuatu yang mendukung proses belajar mengajar di lingkungan pendidikan. Sarana ini mencakup berbagai fasilitas dan peralatan yang digunakan untuk mendukung aktivitas pendidikan, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, alat tulis, buku, komputer, dan fasilitas olahraga. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah Tes Tertulis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketersediaan dan Kualitas Sarana (Audiovisual) Madrasah Aliyah Al-Islamic Amalia Kota Tebing Tinggi termasuk dalam kategori sedang, yaitu berada pada interval 33,04 – 39,07 dengan nilai rata-rata 36,06. Hal ini dikarenakan Madrasah Aliyah Al-Islamic Amalia Kota Tebing Tinggi merupakan salah satu Madarasah yang baru berdiri di Kota Tebing Tinggi sehingga Ketersediaan dan Kualitas Sarana tidak tergolong tinggi. Pada kelas eksperiment yaitu terjadinya kenaikan nilai rata-rata dari 52,41 menjadi 75,24. Sebesar 22,83 terjadi perubahan pada kelas eksperiment. Demikian pula pada kelas kontrol nilai rata-rata mengalami kenaikan dari 58,11 menjadi 63,44 yaitu sebesar 5,33. Artinya kenaikan nilai rata-rata sebelum dan setelah perlakuan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan pengujian hipotesis terhadap data posttest kelompok eksperimen pada tabel output paired samples test di atas, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest yang artinya ada pengaruh sarana (audio visual) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Islamic Amalia Kota Tebing Tinggi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Andi, Y. (2023). Sarana dan Prasarana Pendidikan: Dampak Langsung dan Tidak Langsung terhadap Prestasi Siswa. Kencana.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2019). Penelitian Kuantitatif,. Jakarta: Kencana.

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.

Depag, RI. 2018. Al-Qur,anul Karim Dan Terjemahannya, Bandung: Gema Risalah Press.

Ellong, T. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1).

Firmansyah, H., Rusydi, M., Irwan, I., & Mulyatno, M. (2024). Financial Technology Berdasarkan Prinsip Syariah dan Model Penggunaan Akad Dalam Fintech Syariah: Kajian Terhadap Fatwa DSN MUI. Tabayyanu: Journal Of Islamic Law, 1(01), 58-74.

Hamzah B. Uno. (2019). Assesment Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hidayat Rizandi, Muhammad Arrazi, Asmendri, & Milya Sari. (2023). Pentingnya Manajeman Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 47–59.

https://hadits.in/H.R. Imam Darimi; 204

Mahmud. (2019). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Musfiqon. (2020). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Prestasi Pustaka Publisher.

Nawawi, H. (2019). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Inti Indayu Press.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Nuraini, F., Handayani, S. N., & Permana, I. (2018). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Semangat dan Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 303–314.

P, I. A. (2021). SPSS Modul Privat SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Perangin-angin, F. G., Siregar, C., & Siregar, A. R. (2023). The Influence of the Smart Indonesia Program (PIP) on Student Learning Motivation at SMP Negeri 1 Dolok Merawan, Dolok Merawan District, Serdang Bedagai Regency, Academic Year 2021/2022. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 10-21.

Pudespa, W., Kurnita, T., & Fitri, A. (2016). Pelaksanaan Sentra Tari Di Tk Bungoeng Melati Desa Cot Keumeneng Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 1(2), 155–162.

Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Simorangkir, D. B. P., Sihombing, S., & Simatupang, L. F. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Lingkungan Kampus Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Universitas Hkbp Nomensen Pematangsiatar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(4).

Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115.

Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 201–208.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Lubis, A. Z. A., Siregar, C., & Muliatno. (2024). Pengaruh Sarana Audiovisual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Islamic Amalia Kota Tebing Tinggi. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 45-51. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/83

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 68

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.