Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Jaya Penggalian Kabupaten Serdang Bedagai.
Kata Kunci:
Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja GuruAbstrak
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka-angka baik yang secara langsung diambil dari hasil penelitian maupun data yang diolah dengan menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Jaya Penggalian Kabupaten Serdang Bedagai. Sumbangan efektif variabel ini terhadap kinerja guru mencapai 71,9%, dengan sumbangan relatif sebesar 88,9%. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif sangat berperan dalam meningkatkan kinerja guru. Motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan, namun dengan kontribusi yang lebih kecil terhadap kinerja guru, yaitu dengan sumbangan efektif sebesar 9% dan sumbangan relatif sebesar 11,1%. Meskipun motivasi kerja penting, dalam konteks penelitian ini, dampaknya terhadap kinerja guru tidak sebesar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah. Secara simultan, gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja bersama-sama menjelaskan 80,9% dari variasi kinerja guru. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel ini adalah faktor yang sangat menentukan dalam meningkatkan kinerja guru, meskipun dengan dominasi yang jelas dari gaya kepemimpinan kepala sekolah.
Unduhan
Referensi
Abduh, M., Surya, I., & Resmawan, E. (2019). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru mengajar di SDN 025 Tanah Grogot Kabupaten Paser. EJournal Ilmu Pemerintahan, 7 (1), 3195–3206.
Ali, M., & Fitriani, C. N. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kebonsari Madiun. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2 (1), 1–20.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14 (1), 15–31.
Anoraga, P. (2017). Psikologi Kerja. Jakarta, Rineka Cipta.
Anwar, P. M. (2021). Psikologi Perusahaan. Bandung, Trigenda Karya.
Arnas. (2022). Peran Kepemimpinan Dalam Birokrasi Pemerintahan Kampus Sulawesi Selatan the Role of Leadership in Government Bureaucracy At the Institute of Domestic Government Campus. Pallangga Praja, 4 (1), 81.
Azharuddin. (2020). Peran Dan Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. JIHAFAS, Vol.3 (No.2), 158–168.
Baehaki, M. K., & Faisal, A. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Pelatihan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi Kausal Pada Perusahaan Asuransi PT.A.J Sequislife Jakarta). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10 (1), 10–22.
Depag, RI. 2018. Al-Qur,anul Karim Dan Terjemahannya, Bandung: Gema Risalah Press.
Fuady, N., & Latifah, N. (2020). Gaya kepemimpinan kepala perpustakaan khusus Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8 (2), 37.
Hadi, A., & B, N. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung, Alfabeta.
Hasan, B. N. (2022). Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8 (03), 2867–2874.
https://hadits.in/H.R. Muslim Nomor 3446
Lazaruth, S. (2019). Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta, Kanisius.
Mohyi, A. (2021). Teori Dan Perilaku Organisasi. Surabaya, UMM Press.
Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung, Rosdakarya.
Nurkolis. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta, Grasindo.
Octaviani, E., Tampubolon Emma, & Sembiring, C. F. (2020). Hubungan Reward dan Punishment terhadap kinerja Pegawai Bagian Divisi Kepegawaian di Kementrian Koperasi dan UKM Jakarta Selatan. Fundamental Management Journal, 4 (1), 37–51.
P, I. A. (2021). SPSS Modul Privat SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Purwanto, N. (2018). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung, Rosdakarya.
Puspitasari, Y., Tobari, & Kesumawati, N. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6 (1).
Rasam, F., Sari, A. I. C., & Karlina, E. (2019). Peran Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 6 (1), 41.
Sasue, A. A. ., Nelwan, O. S., & Saerang, R. T. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal EMBA, 9 (4), 1445–1454.
Sihombing, P. L. T., & Batoebara, M. U. (2019). Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan di CV Multi Baja Medan. Jurnal Publik Reform Undhar Medan, 6, 1–16.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung, Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2020). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujianto, A. E. (2020). Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Sumantri, R. A. (2014). Problematika Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal An’nur, V (1), 144–163.
Sumidjo, W. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Thoha, M. (2017). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Wijayanto, D. (2021). Pengantar Manajemen. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Yanuarlan, J., Susanti, A., & Iwa, A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (12).
Zebua, E. S. A., Telaumbanua, E., & Lahagu, A. (2022). Pengaruh Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) UP3 Nias. Jurnal EMBA, 10 (4), 1417–1435.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yuli Andari, Masrina Rambe, Maryadi (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.