Strategi Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Bustanul Ulum Guppi Kota Tebing Tinggi

Penulis

  • Fahrul Setiawan Hasibuan STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Anwar Sazali STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Mirza Syadat Rambe STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Teacher Strategy, Formation, Student Character

Abstrak

Tujuan penelitian yakni Untuk mengetahui konsep pembentukan karakter siswa di Madrasah Aliyah Swasta Bustanul Ulum Guppi Kota Tebing Tinggi; Untuk mengetahui Strategi Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Bustanul Ulum Guppi Kota Tebing Tinggi dan Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Bustanul Ulum Guppi Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menjelaskan secara mendalam tentang apa yang diperoleh dari orang lain, baik berupa tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian bahwa Konsep pembentukan karakter siswa di Madrasah Aliyah Swasta Bustanul Ulum GUPPI Kota Tebing Tinggi didasarkan pada integrasi nilai-nilai moral, etika, dan agama Islam ke dalam seluruh aspek pendidikan. Pendidikan karakter di madrasah ini dirancang untuk membentuk siswa menjadi individu yang berakhlak mulia, memiliki sifat dan tabiat yang positif, serta berperilaku sesuai dengan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Strategi yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Swasta Bustanul Ulum GUPPI Kota Tebing Tinggi dalam upaya pembentukan karakter siswa berfokus pada integrasi nilai-nilai moral dan etika ke dalam materi pembelajaran. Guru SKI menggunakan pendekatan yang melibatkan penceritaan kisah-kisah inspiratif dari sejarah Islam, diskusi reflektif, dan penekanan pada aplikasi nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Guru SKI juga memanfaatkan momen-momen kunci dalam pengajaran untuk menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, kerja keras, dan tanggung jawab. Selain itu, guru mendorong keterlibatan aktif siswa melalui diskusi yang memungkinkan mereka untuk mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman pribadi, sehingga nilai-nilai karakter menjadi lebih relevan dan mudah dipahami.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ahmadi, A., & Rasetya, J. T. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Aini, O. D. N. (2019). Penanaman Karakter Kerja Keras Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Firdaus Tahun Pelajaran 2015/2016. Surakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ali, M. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka Amani.

Astuti, S. A. (2020). Ilmu Pendidikan Islam. Bandar Lampung: AURA.

Azzet, A. M. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA,.

Cahyani, F. (2019). Pembentukan Karakter Religius Di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(8).

Djamarah, S. B. (2019). Prestasi Kompetensi Guru. Surabaya; Usaha Nasional.

Jannah, R., Adilla, R., Hardiansyah, R., & Rahman Siregar, A. (2023). Strategi Guru IPS Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Jigsaw Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Bertanggung Jawab. Journal on Education, 5 (3), 9289–9298.

Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nizar, M. A. K. (2022). Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Pembelajaran Berbasis Digital di Madrasah Tsanawiyah Swasta. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), 6057–6065.

Nurfadilah, N., Nasution, R. H., & Sazali, A. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Di Mts Kholijah Mukhtar Desa Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 199-204.

Nurzannah, N., Yusman, Y., & Sazali, A. (2023). Persepsi Mahasiswa Stai Tebingtinggi Deli Terhadap Buku Elektronik Dan Buku Cetak Sebagai Sumber Belajar. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 211-215.

Nurjannah, S. (2017). Penanaman Karakter Kerja Keras dan Menghargai Prestasi. Surakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pramayshela, A., Tanjung, E. Y., Pasaribu, F. Y., & Pohan, R. I. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Kelas 4 SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (3), 111–125.

Ratmini, Nisa, A. F., & Khosiyono, B. H. C. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sensaseda, 1, 136–148.

Lubis, R. A., Eliza, N., Asriani, N., Anggriani, F., Khairunnisa, C., Nurainun, N., & Rambe, M. S. (2024). Pendidikan Islam Dan Pembentukan Karakter Religius Kepada Anak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8078-8091.

Rambe, M. S., Fadhilah, F., Amanda, B., Kasim, M., Nazwa, R., Maharani, N. D., & Tania, A. (2024). Peran Penting Pendidikan Keagamaan Terhadap Masa Depan Anak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 13079-13087.

Sinaga, S. (2019). Penerapan Pendekatan Strategi Pembelajaran Metode Cycle Learning Sebagai Upaya Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Materi Poko Tata Senyawa Organik dan Anorganik Kelas XII SMK Negeri 5 Medan. Jurnal Warta Edisi : 59, 23, 138–149.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantittaif, Kualitatif, Dan R&D (28th ed.). Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, & Mahidin. (2020). Strategi Guru BK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP YP. Al-Maksum Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Deli Serdang. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKA BKI), 2 (2), 160–174.

Zubaedi. (2019). Desain Pendidikan Karakter (3rd ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Hasibuan, F. S. ., Sazali, A., & Rambe, M. S. (2024). Strategi Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Bustanul Ulum Guppi Kota Tebing Tinggi. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 60-68. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/87

Artikel Serupa

1-10 dari 84

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.