Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Pada Era Globalisasi Di SMA Negeri 1 Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara
Kata Kunci:
Strategi, Kepemimpinan, Meningkatkan, Kualitas, Era, GlobalisasiAbstrak
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif.Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang di alami oleh subjek penelitian. Penelitian ini membahas tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru, dengan latar belakang masalah banyaknya guru guru yang ketertinggalan zaman terutama dalam menggunakan teknologi. hal itu dapat dilihat masih banyak guru terkhusus yang tua dalam cara mengajarnya masih manual dalam artian masih sering menggunakan papan tulis dan buku.Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana kualitas guru di sekolah tersebut dan strategi apa saja yang dilakukan kepala sekolah terhadap peningkatan kualitas guru di SMA Negeri 1 Kec Air Putih Kab Batu Bara, untuk mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru pada era globalisasi beserta solusinya.hasil penelitian ini menunjukan bahwa meningkatkan kualitas guru pada era globalisasi dilakukan dengan cara kepala sekolah sering membuat bimtek atau seminar seminar untuk guru guru dan memonitoring guru guru serta melakukan supervise kepada guru guru.Dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan kepala sekolah SMA Negeri 1 Kec Air Putih Kab Batu Bara sudah semaksimal mungkin.
Unduhan
Referensi
Adi, D. S. (2016). Jurnalisme Publik & Jurnalisme Warga Serta Perannya Dalam Meningkatkan Partisipasi Warga Dalam Proses Demokrasi. Jurnal Nomosleca, 2(1), 1–16.
Alvini, T. W., Ramadhina, M. S., & Lestari, F. F. (2021). Tradisi Berpakaian Santri Di Era Global: Studi Kasus Pesantren Modern Al-Amanah Al-Gontory Dan Pesantren Salafiyah Al-Fachriyah. Jimin: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Internal Ptiq Jakarta, 1(1), 21–34.
Ambarita, A. (2018). Efektivitas Peran Dan Fungsi Kepala Sekolah Melaksanakan Program Peningkatan Mutu Pendidikan Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1).
Andriana, B. (N.D.). Implementasi Manajemen Strategi Di Mts Muhammadiyah Sukarame.
Ardela, R. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Di Sma Negeri 32 Jakarta. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Arshinina, P. (2019). Strategic Management For Logistics. International Scientific Conference Strategic Management And Decision Support Systems In Strategic Management.
Dalam Wahjosumidjo, T. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan. Permasalahannya. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Djamarah, S. B. (2010). Guru Dan Siswa Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Harti, P. (2020). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Se Kecamatan Sagulung Kota Batam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Helmawati, R. (2016). Pendidik Sebagai Model. Bandung: Pt Remaja.
Imeldawati, T. (2020). Guru Pak Sebagai Desainer Pendidikan. Kerugma: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 32–49.
Istikomah, I. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Efektif. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190.
Mukhtar, M. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 93917.
Mulyadi, D. (2018). Perilaku Organisasi Dan Kepemimpinan Pelayanan (D. Supiyadi. Alfabeta.
Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297.
Muntazah, I. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Smp Islam Terpadu Nurul Fadhilah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Musa, M. I. (2017). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 3(1).
Musnaeni, M., Abidin, S., & Purnamawati, P. (2022). Pentingnya Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 98–104.
Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402–409.
Nanti, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Dampak Globalisasi Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pendidikan Di Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 147–154.
Nasution, M. I. P. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra, 10(01).
Pratama, A. I., & Musthofa, M. (2019). Konsep Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 94–111.
Purwanto, M. B. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Di Sman Negeri Kota Palembang. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(01), 1–9.
Suharti, S., Fajri, R., & Suharyat, Y. (2024). Analisis Fungsi Kepemimpinan Dalam Era Organisasi Modern. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 22–36.
Suparta, L., Sunaryo, W., & Sutisna, E. (2020). Peningkatan Komitmen Terhadap Profesi Melalui Penguatan Pemberdayaan Dan Efikasi Diri Guru Smp Swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 115–119.
Wahyudi, I. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Mts Nurul Islam Kota Dumai. Wibawa: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 12–24.
Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi. Populika, 7(1), 12–21.
Wijaya, C., Sinaga, A. I., & Harahap, W. (2020). The Principal’s Strategies In Forming Student Character Of Smp Al-Azhar Medan. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 3(3), 2209–2218.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dwi Yanti, Chairuddin Siregar, Anwar Sazali (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.