Strategi Bimbingan Guru Pai Dalam Mengurangi  Akhlak Tercela Pada Siswa Pengguna Aplikasi Tiktok Di Madrasah Aliyah Rohani Ikhwanul Muslimin Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai

Penulis

  • Charin Annisa Br Damanik STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Sari Atika Parinduri STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Indah Dina Pratiwi STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Strategi, Aplikasi Tiktok, Akhlak Tercela

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang strategi guru PAI dalam mengurangi akhlak tercela pada siswa penguna aplikasi tiktok. dengan latar belakang masalah akhlak tercela siswa masih kurang baik, yang disebabkan oleh aplikasi tiktok. hal itu dapat dilihat masih ada siswa yang kurang baik dalam prilaku dan bertutur kata terhadap guru dan teman-temannya, ketika orang tua susruh atau memanggil suka membantah, dan suka pamer atas dirinya hilang rasa malu sehingga gemar joget-joget diaplikasi tiktok. Akibat itu semua karena konten-konten, filtur-fultur, musik-musik yang tidak baik sehingga siswa salah menggunakan aplikasi tiktok maka timbullah akhlak tercela siswa dan siswi MA Rohani Ikhwanul muslimin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru PAI dalam mengurangi akhlak tercela pada siswa akibat aplikasi tiktok dilakukan dengan cara kepala sekolah mengarahkan guru PAI agar memberi teladan kepada siswa, kepalah sekolah juga menghimbau kepada guru PAI agar menyajikan materi akhlak sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan melakukan himbauwan agar jangan sampai menyalah gunakan aplikasi tiktok, dengan mengajar, mendidik, bekerja sama dengan orang tua siswa, seperti pemanggilan orang tua siswa ke sekolah dan meminta kepada mereka untuk mengontrol hp atau tontonan siswa diaplikasi tiktok saat di rumah. Dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengurangi akhlak tercela pada siswa pengguna aplikasi tiktok di Madrasah Aliyah Rohani Ikhwanul Muslimin desa penggalangan kecamatan tebing syahbandar kabupaten serdang bedagai sudah semaksimal mungkin.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aisyah, N. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Pemikiran Ibnu Miskawaih Dalam Kitab Tahdzib Al-Akhlak. Bashrah, 2(1), 68–85.

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 147–157.

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Buton, S. (2021). Dampak Aplikasi Tik Tok Terhadap Perilaku Mahasiswa Ushuluddin dan Dakwah Prodi Jurnalistik Islam IAIN Ambon. IAIN Ambon.

Dhin, C. N. (2013). Pembinaan Pendidikan Akhlak Di Rumah Penyantun Muhammadiyah Kota Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(1).

Duki, D. (2022). Guru Pendidikan Agama Islam: Tugas Dan Tanggung Jawabnya Dalam Kerangka Strategi Pembelajaran Yang Efektif. An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 51–60.

Fauziah, Y. R. (2019). Konsep Diri Remaja Penggunaan Aplikasi Tik Tok Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Tentang Konsep Diri Remaja Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Kota Bandung Dalam Menunjukan Eksistensi Diri Di Lingkungan Pergaulannya). Universitas Komputer Indonesia.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hasanah, S. N. H., & Zainuddin, M. R. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA PADA ASPEK ISLAM. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(1), 119–128.

Herdiati, D., Atmaji, D. D., Andriyanto, R. M. A., & Saputra, D. N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Musik di SMAN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(2), 111–119.

Irawan, D., & Sunarto, A. (2015). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Restoran Ikan Bakar Cianjur Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(2), 475–488.

Ismail, M., & Anwar, K. (2021). Kebijakan dan Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Serta Relevansinya Terhadap Mutu Lulusan yang Islami. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 103–113.

Mulyana, I. (2010). Manajemen dan kehidupan manusia. Iman Mulyana.

Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 4(1), 67–75.

MUTIAH, T., & Shinta, M. (2022). Gaya Hidup Remaja Melalui Sosial Media Tiktok. Jurnal Media Penyiaran, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.31294/jmp.v2i1.1282

Nasrudin, N. (2015). AJARAN-AJARAN TASAWUF DALAM SASTRA KITAB RIAYAH AL-HIMMAH KARYA SYEKH AHMAD RIFAI. IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 13(1), 114–133.

Nasution, M. K., & Abadi, A. M. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak. Jurnal Tunas Bangsa, 1(1), 30–54.

Natsir, N. F. (2007). Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal Educationist, 1(1), 2–22.

Oktasari, D., Yandri, H., & Juliawati, D. (2020). Analisis pelanggaran tata tertib sekolah oleh siswa dan peran guru bimbingan dan konseling di sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(4), 16–21.

Qosim, A. L., & Safitry, N. A. (2021). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Abdurahman An-Nahlawi dan Zakiah Daradjat. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 38–54.

Rahmani, T. (2016). Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan Dasar-dasar Fotografi Ponsel (Studi Deskriptif Kualitatif pada akun Instagram@ kofipon). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

RATNA, E. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Markerting Strategy Analysis To Improve Competitive Advantage). Jurnal Ekbis, 22(1), 107–115.

Rohyani, E. S. (2015). Pemikiran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Prof. Achmadi. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 173–200.

Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Rabadompu Timur. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(1), 100–109.

Sari, D. A. (2021). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa pengguna TikTok di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Sihotang, T. D. O. (2017). Dampak Negatif Tiktok Di Masa Pandemic. Universitas Lambung Mangkurat.

Aisyah, N. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Pemikiran Ibnu Miskawaih Dalam Kitab Tahdzib Al-Akhlak. Bashrah, 2(1), 68–85.

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 147–157.

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Buton, S. (2021). Dampak Aplikasi Tik Tok Terhadap Perilaku Mahasiswa Ushuluddin dan Dakwah Prodi Jurnalistik Islam IAIN Ambon. IAIN Ambon.

Dhin, C. N. (2013). Pembinaan Pendidikan Akhlak Di Rumah Penyantun Muhammadiyah Kota Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(1).

Duki, D. (2022). Guru Pendidikan Agama Islam: Tugas Dan Tanggung Jawabnya Dalam Kerangka Strategi Pembelajaran Yang Efektif. An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 51–60.

Fauziah, Y. R. (2019). Konsep Diri Remaja Penggunaan Aplikasi Tik Tok Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Tentang Konsep Diri Remaja Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Kota Bandung Dalam Menunjukan Eksistensi Diri Di Lingkungan Pergaulannya). Universitas Komputer Indonesia.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hasanah, S. N. H., & Zainuddin, M. R. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA PADA ASPEK ISLAM. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(1), 119–128.

Herdiati, D., Atmaji, D. D., Andriyanto, R. M. A., & Saputra, D. N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Musik di SMAN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(2), 111–119.

Irawan, D., & Sunarto, A. (2015). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Restoran Ikan Bakar Cianjur Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(2), 475–488.

Ismail, M., & Anwar, K. (2021). Kebijakan dan Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Serta Relevansinya Terhadap Mutu Lulusan yang Islami. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 103–113.

Mulyana, I. (2010). Manajemen dan kehidupan manusia. Iman Mulyana.

Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 4(1), 67–75.

MUTIAH, T., & Shinta, M. (2022). Gaya Hidup Remaja Melalui Sosial Media Tiktok. Jurnal Media Penyiaran, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.31294/jmp.v2i1.1282

Nasrudin, N. (2015). AJARAN-AJARAN TASAWUF DALAM SASTRA KITAB RIAYAH AL-HIMMAH KARYA SYEKH AHMAD RIFAI. IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 13(1), 114–133.

Nasution, M. K., & Abadi, A. M. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak. Jurnal Tunas Bangsa, 1(1), 30–54.

Natsir, N. F. (2007). Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal Educationist, 1(1), 2–22.

Oktasari, D., Yandri, H., & Juliawati, D. (2020). Analisis pelanggaran tata tertib sekolah oleh siswa dan peran guru bimbingan dan konseling di sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(4), 16–21.

Qosim, A. L., & Safitry, N. A. (2021). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Abdurahman An-Nahlawi dan Zakiah Daradjat. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 38–54.

Rahmani, T. (2016). Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan Dasar-dasar Fotografi Ponsel (Studi Deskriptif Kualitatif pada akun Instagram@ kofipon). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

RATNA, E. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Markerting Strategy Analysis To Improve Competitive Advantage). Jurnal Ekbis, 22(1), 107–115.

Rohyani, E. S. (2015). Pemikiran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Prof. Achmadi. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 173–200.

Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Rabadompu Timur. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(1), 100–109.

Sari, D. A. (2021). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa pengguna TikTok di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Sihotang, T. D. O. (2017). Dampak Negatif Tiktok Di Masa Pandemic. Universitas Lambung Mangkurat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Br Damanik, C. A., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2024). Strategi Bimbingan Guru Pai Dalam Mengurangi  Akhlak Tercela Pada Siswa Pengguna Aplikasi Tiktok Di Madrasah Aliyah Rohani Ikhwanul Muslimin Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 87-95. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/91

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 46

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.