Penerapan Strategi Behavior Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah SMA Negeri 1 Air Putih
Kata Kunci:
Strategi, Akhlak, SiswaAbstrak
Penelitian ini membahas tentang Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa di sekolah SMA Negeri 1 Air Putih. Mengingat di zaman sekarang minimnya akhlak siswa. Contoh sederhana, ketika siswa berjumpa atau bertatap muka dengan guru, siswa tersebut tidak mau menyapa dan menegur guru tersebut. Dan seperti berkata kotor, malas beribadah, berkelahi, saling mengejek sesama teman, melawan guru Oleh karena itu, penulis mengangkat judul ini sebagai penelitian skripsi. Metode penelitian yang digunakan yaitu motode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penulis berharap dengan adanya penelitian. Penulis juga mengharapkan agar hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan dapat menjadi referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya.
Unduhan
Referensi
Budiyono, A. (2019). Konsep Pendidikan Islam Mengenai Akhlak Perspektif Al Ghazali (Kajian Kitab Ihya’Ulumuddin). DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 1–18.
Hardani et al. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).
Khoirunnisa, A., Rafika, A. S., & Juniar, H. L. (2021). Eksistensi Sistem Pendidikan Islam Dalam Implementasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Era 4.0. Alfabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, Teknologi Dan Sosial, 1(1), 26–35.
Moleong, L. J. (n.d.). Neong Muhadjir, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta :Rake Sarasin, 1990 ) h. 60 Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : PT Remaja Rosdakarya) h. 6. 49–57.
Mulyana, D., Sukandar, A., & Setiawan, M. (2022). Stategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA IT Mekarjaya Garut. Edunity : Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(02), 49–54. https://doi.org/10.57096/edunity.v1i02.8
Naila, Z. P., Azizah, I. N., Ibni, N. P., Hudi, I., Riau, U. M., & Kunci, K. (2024). Prinsip- Prinsip Dasar Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Al Qur ’ an Dan Sunnah Dalam Peningkatan. 1(1), 65–77.
Nuriyanto, L. K. (2014). Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sdit Al-Anwar Dan Firdaus Mojokerto Jawa Timur. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 12(1), 15–26. https://doi.org/10.32729/edukasi.v12i1.70
Prasetiawati, E. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/523
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Syahfitra, Y. (n.d.). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Masalah Bullying di SD Islam Al Azhar 15 Pamulang. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta.
Umarudin. (2017). Judul Skripsi. In Skripsi (p. 77).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Azril Arrifa, Muhklis, Masrina Rambe (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.