Pelaksanaan Media Pembelajaran Audio Visual Barbasis MP4 Dalam Meningkatkan Semangat Menghafal Al Quran Santri Madrasah Aliyah Di Pesantren Imam Muslim Kabupaten Serdang Bedagai
Kata Kunci:
Metode Pembelajaran, Audio Visual, SantriAbstrak
Banyak metode serta media yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran termasuk di dalamnya untuk menghafal al-Quran. Penelitian ini akan fokus pada penerapan metode dan media yang dimanfaat ke dalam kegiatan menghafal al-Quran. Salah satu media yang digunakan adalah media audio visual. Penggunaan media dalam pembelajaran sudah diyakini memiliki dampak yang sangat baik, namun dalam penghafalan al-Quran masih cukup jarang digunakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana Pelaksanaan metode pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan santri dalam menghafal Alquran di pesantren imam Muslim 2) Bagaimana cara meningkatkan kemampuan santri dalam menghadapi Al-Qur'an di pesantren Imam Muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan menghafal menggunakan media audio visual, serta melihat bagaimana partisipasi peserta didik dalam menggunakan media audio visual. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas digunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental design melalui pendekatan one group pretest-posttest design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode penghafalan menggunakan audio visual. Sedangkan respon peserta didik dalam penggunaan audio visual dapat menawar dengan baik Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penghafalan melalui audio visual dapan meningkatkan kemampuan hafalan di pesantren Imam Muslim.
Unduhan
Referensi
Fitriyanti, N. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Mi Al-Khairiyah Jakarta Barat 1444 H / 2022 M.
Iii, B. A. B., & Penelitian, J. (2016). BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Jenis Penelitian. 32–40.
Iqlamatul Usna, N. (2021). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Quraish Shihab. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(2), 438–465.
Moleong, L. J. (N.D.). Neong Muhadjir, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta :Rake Sarasin, 1990 ) H. 60 Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : PT Remaja Rosdakarya) H. 6. 49–57.
Mulyana, D., Sukandar, A., & Setiawan, M. (2022). Stategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA IT Mekarjaya Garut. Edunity : Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(02), 49–54.
Naila, Z. P., Azizah, I. N., Ibni, N. P., Hudi, I., Riau, U. M., & Kunci, K. (2024). Prinsip- Prinsip Dasar Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Al Qur ’ An Dan Sunnah Dalam Peningkatan. 1(1), 65–77.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15.
Prasetiawati, E. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131. Https://Www.Journal.Iaingorontalo.Ac.Id/Index.Php/Tjmpi/Article/View/523
Fitriyanti, N. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Mi Al-Khairiyah Jakarta Barat 1444 H / 2022 M.
Iii, B. A. B., & Penelitian, J. (2016). BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Jenis Penelitian. 32–40.
Iqlamatul Usna, N. (2021). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Quraish Shihab. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(2), 438–465. Https://Doi.Org/10.22373/Tadabbur.V3i2.388
Moleong, L. J. (N.D.). Neong Muhadjir, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta :Rake Sarasin, 1990 ) H. 60 Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : PT Remaja Rosdakarya) H. 6. 49–57.
Mulyana, D., Sukandar, A., & Setiawan, M. (2022). Stategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA IT Mekarjaya Garut. Edunity : Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(02), 49–54.
Naila, Z. P., Azizah, I. N., Ibni, N. P., Hudi, I., Riau, U. M., & Kunci, K. (2024). Prinsip- Prinsip Dasar Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Al Qur ’ An Dan Sunnah Dalam Peningkatan. 1(1), 65–77.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15.
Prasetiawati, E. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Imam Ansari, Rusli Halil Nasution, Winda Novianti (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.