Peran Guru Dalam Mendidik Anak Normal Dan Anak Berkebutuhan Khusus Di Taman Kanak - Kanak Di Sei Rampah (TK Ade Hawari Di Dusun VII Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai)
Kata Kunci:
Peran Guru, Pendidik, Anak Normal, Anak Berkebutuhan KhususAbstrak
Pendidikan TK merupakan tugas penting yang didalamnya terdapat pemberlajaran dari peran-peran yang harus dilakukan sebaik mungkin oleh guru. Sekolah TK Ade Hawari yang dimana sekolah tersebut menerima siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus yang memberikan kesempatan untuk siswa berkebutuhan khusus untuk bersekolah di TK formal karena sekolah tersebut merasa kasihan terhadap orang tua yang kesulitan dengan ekonominya. Bentuk-bentuk yang dilakukan oleh guru memberi fasilitor bermain melalui ide-ide yang sudah di buat oleh guru. Kemudian pada masa anak usia dini guru harus lebih mampu menunjukan kompentensi peran guru dalam membimbing siswa di sekolah Taman Kanak-Kanak (TK). Tipe penelitian ini tergolong deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan Peran Guru Dalam Mendidik Anak Normal dan Anak Berkebutuhan Khusus di TK Ade Hawari Dusun VII Desa Firdaus. Jumlah informan utama dalam penelitian ini ada 1 guru dan 2 orang tua murid TK Ade Hawari serta 1 informan kunci yaitu Kepala Sekolah sekaligus guru yang mengajar di sekolah TK Ade Hawari dan 1 informan tambahan yaitu penjual jajanan di sekolah. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah studi kepustakaan, wawancara mendalam dan observasi langsung kelapangan. Hasil penelitian yaitu menunjukan bahwa peran guru dalam mendidik anak normal sebagai Informator, inisiator, Motivator, Transmitter, Fasilititator Evaluator. Sedangkan peran guru dalam mendidik anak berkebutuhan khusus sebagai Informator, Motivator, Fasilitator, Evaluator.
Unduhan
Referensi
Arianti, T. (2016) Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak Vol: 8 No: 1 DOI: 10.30595 ISSN: 2655-870X jurnal pendidikan dapat diakses dFidesrinur. (2013) Pola Guru dalam Memotivasi Anak Studi terhadap Pola Guru di TK Islam dan TK Umum Vol. 2. No.2 DOI:10.3672 dapat diakses di : https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/121
Creswell J.W. ( 2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Belajar.
Hartati, S. (2017) Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Kota Padang Vol: 3 No: 3b P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN:2599-042
Ita. E (2018) Manajemen Pemelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur Vol 6 No 1 ISSN 2303-3800 jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran dapat diakses di http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/889/671
Marbun B. (2020) Evaluasi Program Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Pondok Anugerah Kabupaten Deli Serdang jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial dapat diakses di http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29727 Universitas Sumatera Utara (USU)
Media Center (2020) Sergai Gelar Workshop Peningkatan Mutu Guru PAUD Tahun 2020, Situs Website resmi Kabu Paten Serdang Berdagai, dapat diakses di: https://mediacenter.serdangbedagaikab.go.id/2020/02/10
Padamu Pendidikan Indonesia (2016) Peran dan Tugas Guru Indonesia dapat diakses di: https://www.padamu.net/peran-dan-tugas-guru-indonesia
Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Serdang Bedagai No. 7 Tahun 2016 dapat di akses di https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39441 pada tahun 2016
Rahayuni widias (2017) Kemampuan Guru Kelas Dalam Mengajarkan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Pada program Inklusi Vol 9 No. 2 ISSN 2087-412X Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar
Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi Sumatera Utara. Lembaga Penerbit Badan Litbang Kesehatan 2019
S.T.I & Yusuf. Y (2017) Peran Guru Terhadap Anak Penyandang Tunagrahita Ditinjau Dari Kinerja Kompetensi Guru (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Pekanbaru) Vol. 4 No. 2 ISSN 2355-6919 jurnal Online Mahasiswa dapat diakses di
Saardiman A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2010
Shofi H. (2020) Peran Guru Dalam Meningkatkan Moral Anak Usia Dini Di TK It Qurrota A’yun Ponorogo Vol 01 No 01. DOI: 10.21154 ISSN: 2723-549 jurnal pendidikan
Siagian, M. (2014). Metode Penelitian Sosial. Pedoman Praktis Penelitian Bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Kesehatan. Medan: PT Grasindo Monoratama Sudarsana
Ujianti,P,J. (2021) Kesiapan Psikologis Guru Tk Di Bali Menerima Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas Vol: Vol. 26 No.1 P-ISSN: 1829-877X E-ISSN: 2685-9033 jurnal Mimbar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Afni Tri Azmi, Fajar Utama Ritonga (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.