Pengaruh Web E- Learning Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa/ Siswi Pada Mata Pelajaran PendidikanAgama Islam Di SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi

Penulis

  • Elva Dwiyanti STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Herry Syahbannuddin Nasution STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Anwar Sazali STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Strategi, Kepemimpinan, Meningkatkan, Kualitas, Era, Globalisasi

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Untuk : (1)Mengetahui Pengaruh Signifikan Web E- Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa/ Siswi Di SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi, (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Yang Signifikan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa/ Siswi Di SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi, (3) Untuk Mengetahuipengaruh Yang Signifikan AntarA Web E- Learning Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa/ Siswi Di SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah koesioner atau angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sampai XI IPA 5 yang berjumlah 152 siswa (responden). Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis uji instrument, uji prasyarat, uji regresi, uji hipotesis. Hasil uji untuk variable web e- learning menunjukkan nilai t hitung sebesar 3.443 dan nilai signigfikan 0.01 dengan demikian t hitung > t table ( 3,443 > 1,654) dan niali signifikan 0,01 < 0,05. Sehingga menurut kriteria uji hipotesis secara persial, hipotesis pertama diterima yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara web e- learning terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi. Berdasarkan hasil uji t untuk bvariabel lingkungan sekolah menunjukkan nilai t hitung sebesar 1.241 dan nilai sig 0,217. Dengan demikian t hitung > t table (1.241 < 1,654 dan nilai signifikasi adalah 0,217 >0,05. Sehingga dapat disimpulkan tidak adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi. Berdsarakan table uji F diatas diperoleh F hitung  sebesar 7,413 dengan signifikan 0,01 sedangkan nilai F table  untuk N  = 155 df – n – 1 ( 155 – 2 – 1 = 152) jadi  N = 152 sebesar 3,05. Kriteria pengujian Ho ditolak jika F hitung < F table  dan nilai signifikasi < a (0,05). Oleh karena itu F hitung  (7,855) > F table (3,05) dan nilai signifikasi (0,001) < a (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ni membuktikan bahwa hipotesis ada pengaruh positif signifikan web e- learning dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa variable web e- learning dan lingkungan sekolah secara Bersama sama (simultan) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Artinya semakin optimal web e- learning yang di gunakan dalam proses belajar maka hasil belajar akan semakin baik pula

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Adi, D. S. (2016). Jurnalisme Publik & Jurnalisme Warga Serta Perannya Dalam Meningkatkan Partisipasi Warga Dalam Proses Demokrasi. Jurnal Nomosleca, 2(1), 1–16.

Alvini, T. W., Ramadhina, M. S., & Lestari, F. F. (2021). Tradisi Berpakaian Santri Di Era Global: Studi Kasus Pesantren Modern Al-Amanah Al-Gontory Dan Pesantren Salafiyah Al-Fachriyah. Jimin: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Internal Ptiq Jakarta, 1(1), 21–34.

Ambarita, A. (2018). Efektivitas Peran Dan Fungsi Kepala Sekolah Melaksanakan Program Peningkatan Mutu Pendidikan Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1).

Andriana, B. (N.D.). Implementasi Manajemen Strategi Di Mts Muhammadiyah Sukarame.

Ardela, R. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Di Sma Negeri 32 Jakarta. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arshinina, P. (2019). Strategic Management For Logistics. International Scientific Conference Strategic Management And Decision Support Systems In Strategic Management.

Dalam Wahjosumidjo, T. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan. Permasalahannya. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Djamarah, S. B. (2010). Guru Dan Siswa Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Harti, P. (2020). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Se Kecamatan Sagulung Kota Batam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Helmawati, R. (2016). Pendidik Sebagai Model. Bandung: Pt Remaja.

Imeldawati, T. (2020). Guru Pak Sebagai Desainer Pendidikan. Kerugma: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 32–49.

Istikomah, I. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Efektif. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190.

Mukhtar, M. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 93917.

Mulyadi, D. (2018). Perilaku Organisasi Dan Kepemimpinan Pelayanan (D. Supiyadi. Alfabeta.

Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297.

Muntazah, I. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Smp Islam Terpadu Nurul Fadhilah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Musa, M. I. (2017). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 3(1).

Musnaeni, M., Abidin, S., & Purnamawati, P. (2022). Pentingnya Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 98–104.

Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402–409.

Nanti, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Dampak Globalisasi Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pendidikan Di Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 147–154.

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra, 10(01).

Pratama, A. I., & Musthofa, M. (2019). Konsep Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 94–111.

Purwanto, M. B. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Di Sman Negeri Kota Palembang. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(01), 1–9.

Suharti, S., Fajri, R., & Suharyat, Y. (2024). Analisis Fungsi Kepemimpinan Dalam Era Organisasi Modern. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 22–36.

Suparta, L., Sunaryo, W., & Sutisna, E. (2020). Peningkatan Komitmen Terhadap Profesi Melalui Penguatan Pemberdayaan Dan Efikasi Diri Guru Smp Swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 115–119.

Wahyudi, I. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Mts Nurul Islam Kota Dumai. Wibawa: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 12–24.

Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi. Populika, 7(1), 12–21.

Wijaya, C., Sinaga, A. I., & Harahap, W. (2020). The Principal’s Strategies In Forming Student Character Of Smp Al-Azhar Medan. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 3(3), 2209–2218.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Dwiyanti, E. ., Nasution, H. S., & Sazali, A. (2024). Pengaruh Web E- Learning Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa/ Siswi Pada Mata Pelajaran PendidikanAgama Islam Di SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 136-147. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/98

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 76

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.