Pendampingan Tahsin Bagi Remaja
Kata Kunci:
Halaqah, Tahsin, Generasi Muda MuslimAbstrak
Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan al-Qur'an di kalangan remaja Muslim dan Muslimah Koto Pulai melalui program tahsin. Tujuan pendampingan ini adalah memperbaiki kemampuan membaca al-Qur'an pada 10 orang remaja. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang terdiri dari tiga tahap: persiapan dan perencanaan melalui observasi lapangan dan kerjasama dengan ustazah, pelaksanaan sesi membaca al-Qur'an dimulai dari juz 30 dengan fokus perbaikan satu hingga tiga surah, serta penjelasan materi tahsin yang terstruktur. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kualitas bacaan al-Qur'an peserta, di mana kemampuan membaca mereka mengalami perbaikan yang konsisten sesuai aturan tajwid. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil menciptakan generasi remaja yang lebih paham dan terampil dalam membaca kitab suci.
Unduhan
Referensi
ARIF, S. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Metode Pembiasaan Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 8 Lampung Timur [Phd Thesis, Uin Raden Intan Lampung]. Harmawan, R., Farihin, A., Karyono, K., & Yuliana, Y. (2024). Pelatihan Tahsin Al-Qiro’ah: Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid Di Mushola Desa Compreng. Socserve: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 57–63.
Irhasy, M., & Habibah, S. M. (2024). Peran Pancasila Dalam Menumbuhkan Rasa Patriotisme Tanah Air Pada Generasi Muda. Academy Of Education Journal, 15(1), 293–301.
Naila, Z. Z. P., Soffia, S., Azizah, I. N., Ibni, N. P., & Hudi, I. (2024). Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Al Qur’an Dan Sunnah Dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran. Jampi: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 65–77.
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59–70.
Nursam, N. (2020). Peranan Guru Aqidah Akhlak dalam Mencegah Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi pada Peserta Didik MTs Yasrib Limpomajang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng [PhD Thesis, IAIN Parepare].
Paoncongan, P. (2016). Model Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Kesadaran Keberagamaan Siswa Pada Smk Swasta Kota Palopo [Phd Thesis, Iain Palopo].
Paramansyah, H. A., & SE, M. (2020). Manajemen pendidikan dalam menghadapi era digital. Arman Paramansyah. Rahman, A., Qorib, M., & Zuliana, Z. (2023). Pelatihan Tahsin Bacaan Sholat Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Sholat Melalui Metode Muqotha’ah Pada Ibu-Ibu Aisyiyah Ranting Puji Mulio. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6158–6168.
Rahmita, N., Parapat, I. K., Nurmawati, N., & Sitorus, A. S. (2023). Evaluasi Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520–530.
Ridwan, M., Umar, M. H., & Ghafar, A. (2021). Sumber-sumber hukum Islam dan Implementasinya. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 28–41.
Syahuri, S. (2020). Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Santri [PhD Thesis, IAIN Ponorogo]. Syaifullah, M., Tahria, F., Yasir, M., Fadillah, N., & Nurhalizah, S. (2022). Strategi Guru Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Sesuai Hukum Tajwid Siswa Kelas VI MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 544–552.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmat Ramatul Andika , Martin Kustati, Rezki Amelia, Gusmirawati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.