Klasifikasi Metode Pembelajaran PAI

Penulis

  • Muhammad Zein Damanik STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Rudi Herdi Nurmawan STAI Panca Budi Perdagangan Penulis

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Klasifikasi, Strategi Pembelajaran, Nilai-nilai Islam

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan metode pembelajaran yang tidak hanya efektif secara pedagogis, tetapi juga relevan secara teologis dan psikologis. Klasifikasi metode pembelajaran PAI menjadi krusial dalam menentukan pendekatan terbaik yang sesuai dengan karakteristik materi, kondisi peserta didik, serta lingkungan sosial dan budaya. Secara umum, metode pembelajaran PAI dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok utama: metode tradisional (seperti ceramah dan hafalan), metode interaktif (seperti diskusi, tanya jawab, dan studi kasus), serta metode kontekstual dan aplikatif (seperti metode proyek, simulasi, dan pembelajaran berbasis pengalaman). Masing-masing metode memiliki kelebihan dan keterbatasan yang perlu disesuaikan dengan tujuan pembelajaran serta tingkat kognitif dan afektif peserta didik. Kajian ini menekankan pentingnya pendekatan integratif dalam pemilihan metode pembelajaran PAI, dengan mempertimbangkan aspek spiritualitas, kemampuan berpikir kritis, dan internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan nyata. Diharapkan dengan klasifikasi metode yang jelas dan aplikatif, guru dapat lebih optimal dalam menyampaikan materi ajar, dan peserta didik mampu mengalami proses pembelajaran yang lebih bermakna dan transformatif

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Apriani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di MI Najahiyah Palembang. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di MI Najahiyah Palembang, 6.

Asep, M., & Enda, S. (2020). KLASIFIKASI PENJUALAN MAKANAN CEPAT SAJI MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS : AYAM PENYET NABILA). Administrative Law Journal, 60(1).

Jamila, W. B., & Prasetiya, B. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Berbasis Pluralisme di SMP Negeri 1 dan 2 Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2).

Lailatul Maskhuroh, & Bakar, H. A. (2014). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai Qur-Any) Di Sma Primaganda Jombang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1(1).

Muchtar, A. D. (2018a). IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA YOGYAKARTA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.16

Muchtar, A. D. (2018b). IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA YOGYAKARTA (Studi Kasus Terhadap Tunarungu dan Tunagrahita Ringan). Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1).

Subhan, & Firia Ningsih. (2020). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas X SMA Al-Maarif Kota Bima. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 10(1). https://doi.org/10.37630/jpi.v10i1.374

Sugiartika, E. N., Asyafah, A., & Fakhruddin, A. (2014). STUDI REALITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI DAN BUDI PEKERTI 2013 JENJANG SMP (Studi Deskriptif pada Berbagai Klasifikasi Guru SMP di Kota Bandung). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 1(2). https://doi.org/10.17509/t.v1i2.3766

Ulfah, H., Suresman, E., & Asyafah, A. (2015). STUDI REALITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI JENJANG SMA (Studi Deskriptif pada Berbagai Klasifikasi Guru SMA di Kota Bandung Tahun 2015). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.17509/t.v2i1.3378

Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.

Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.

Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.

Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Damanik, M. Z. ., & Nurmawan, R. H. . (2025). Klasifikasi Metode Pembelajaran PAI. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 350-353. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/350

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 155

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.