Macam-Macam Metode Pembelajaran PAI Diikuti Kelebihan Dan Kekurangan

Penulis

  • Muhammad Zein Damanik STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Dini Yuliani STAI Panca Budi Perdagangan Penulis

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kelebihan, Kekurangan, Strategi Mengajar

Abstrak

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemilihan metode pembelajaran yang tepat menjadi faktor kunci dalam efektivitas proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai metode pembelajaran PAI yang umum digunakan serta menganalisis kelebihan dan kekurangannya. Metode yang dikaji antara lain metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan metode proyek. Setiap metode memiliki karakteristik tersendiri yang mempengaruhi hasil belajar siswa, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hasil kajian menunjukkan bahwa tidak ada metode yang sepenuhnya sempurna; masing-masing memiliki keunggulan yang dapat dimaksimalkan serta keterbatasan yang perlu diantisipasi oleh pendidik. Oleh karena itu, guru PAI dituntut untuk mampu memilih dan memadukan metode pembelajaran secara fleksibel sesuai dengan situasi, materi, dan karakteristik siswa. Kajian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik dalam merancang strategi pembelajaran PAI yang lebih efektif dan menyenangkan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arifin, M. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2008). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Zamroni. (2014). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Zuhairini, A., dkk. (2007). Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Bina Ilmu.

Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.

Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.

Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.

Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Damanik, M. Z. ., & Yuliani, D. . (2025). Macam-Macam Metode Pembelajaran PAI Diikuti Kelebihan Dan Kekurangan. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 354-357. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/352

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 154

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.