Relevansi Metode Pembelajaran PAI
Kata Kunci:
Relevansi, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tujuan Pembelajaran, EvaluasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran, kesesuaian dengan bahan ajar, kondisi kelas, karakteristik peserta didik, serta evaluasi pembelajaran. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran guru dalam memilih dan menerapkan metode yang tepat agar materi PAI tidak hanya dipahami secara kognitif, tetapi juga dihayati secara afektif dan diamalkan secara psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru PAI harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, jenis bahan ajar yang digunakan, situasi lingkungan belajar, dan karakteristik individu peserta didik. Selain itu, relevansi metode juga tercermin dari kesesuaian antara metode yang dipilih dengan bentuk evaluasi yang diterapkan. Dengan demikian, pemilihan metode pembelajaran yang relevan berperan penting dalam keberhasilan pendidikan agama Islam di sekolah. Guru dituntut untuk kreatif, adaptif, dan mampu mengkombinasikan berbagai metode agar pembelajaran berjalan efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara menyeluruh.
Unduhan
Referensi
Sari, H. P., Yuliharti, & Zaitun. (2019). Relevansi Konsep Metode Pembelajaran Ibnu Sina pada Pembelajaran PAI di Era Modern. Jurnal Al-Fikra, 22(2).
Wardatul Jannah. (2020). Relevansi Metode PAI. Scribd.
Mirza Damayanti. (2019). Relevansi Materi Ajar PAI dalam Buku Ajar PAI Dengan Kurikulum 2013. Universitas Pendidikan Indonesia.
Umami, R. H. (2021). Relevansi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pengarusutamaan Gender. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2).
Ahmad, M. Y., et al. (2022). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah, 2, 89–110.
Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.
Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.
Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.
Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.
Ahmad, M. Y., Ismail, M., & Rahman, F. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Melalui Evaluasi Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 115–130
Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (Edisi ke-4). Pustaka Pelajar
Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage Publications.
Mirza, D. (2019). Efektivitas Pemilihan Metode Mengajar Berdasarkan Situasi Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 22–30.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media.
Sari, H. P., Yuliharti, & Zaitun. (2019). Pengembangan Metode Pembelajaran PAI Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 45–55.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Umami, R. H. (2021). Perbedaan Individual dan Dampaknya terhadap Strategi Pembelajaran di Madrasah. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 63–78.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Zein Damanik, Widya Larasati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.