Pembelajaran Al Qur’an Hadist

Penulis

  • Muhammad Zein Damanik STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Mutia Alamiah Warda STAI Panca Budi Perdagangan Penulis

Kata Kunci:

Pembelajaran Al Qur’an Hadist, Komponen Komponen Pembelajaran, Ruang Lingkup,Fungsi, Dan Tujuan

Abstrak

 Artikel ini membahas pentingnya dan tantangan dalam pembelajaran Al-Quran Hadis di era modern. Al-Quran dan Hadis merupakan dua sumber utama ajaran Islam yang fundamental bagi pemahaman akidah, syariat, dan akhlak umat Muslim. Pembelajaran keduanya tidak hanya bertujuan untuk penguasaan teks, tetapi juga untuk penghayatan makna dan implementasi nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, di tengah perkembangan zaman dan beragamnya metode pendidikan, pembelajaran Al-Quran Hadis menghadapi berbagai tantangan, mulai dari kurangnya minat peserta didik, keterbatasan metode pengajaran inovatif, hingga pengaruh informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, artikel ini mengkaji urgensi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan Al-Quran Hadis. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka (library research) dengan menganalisis berbagai literatur terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan yang holistik, integrasi teknologi, serta kolaborasi antara pendidik dan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan relevan. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran Al-Quran Hadis dapat mencetak generasi Muslim yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kokoh spiritual dan berakhlak mulia.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Susanto, Ahmad.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2013, hlm. 12–15.

Aminudin.Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005, hlm. 31–33.

Uno, Hamzah B.Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009, hlm. 45–48.

Hamalik, Oemar.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014, hlm. 75–80.

Yamin, Martinis.Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press, 2007, hlm. 103–106.

Sudjana, Nana.Metode Statistika Pendidikan. Bandung: Tarsito, 2005, hlm. 76.

Zakiah Daradjat.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2011, hlm. 24–26.

Kementerian Agama Republik Indonesia.Peraturan Menteri Agama No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Jakarta: Kemenag RI, 2008, hlm. 5–7.

Daradjat, Zakiah.Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Bulan Bintang, 1996, hlm. 43–45.

Mulyasa, E.Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013, hlm. 52–55.

Syaiful Bahri Djamarah.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008, hlm. 100–102.

Muhaimin.Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009, hlm. 61–65.

Dimyati & Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009, hlm. 20–22.

Rosyada, Dede.Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana, 2004, hlm. 34–36.

Sagala, Syaiful.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010, hlm. 98–101.

Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.

Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.

Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.

Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Damanik, M. Z. ., & Warda, M. A. . (2025). Pembelajaran Al Qur’an Hadist. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 447-452. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/436

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 185

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.