Pengelolaan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Rouf Tamim UIN Raden Intan Lampung Penulis

Kata Kunci:

Pengelolaan teknologi pembelajaran, Integrasi teknologi, Interaksi guru dan siswa

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengelolaan teknologi pembelajaran dalam pendidikan agama Islam melalui pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami bagaimana teknologi pembelajaran dapat diterapkan dan dikelola secara efektif dalam konteks pendidikan agama Islam. Melalui penelaahan berbagai literatur yang relevan, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing, penelitian ini menemukan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran agama Islam tidak hanya meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar peserta didik. Teknologi pembelajaran memungkinkan akses yang lebih luas dan fleksibel terhadap materi pembelajaran, serta mendukung interaksi yang lebih dinamis antara guru dan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan teknologi pembelajaran yang baik dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan agama Islam.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), Hlm. 50-52

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the Role of Digital Technologies in Education: A Review. Sustainable Operations and Computers, 3(May), 275-285

Haris, A., Asnawi, N., & Fanani, M. A. (2022). Expanding the Technology Acceptance Model (TAM) to Investigate E-Learning Usage Behavior During the COVID-19 Pandemic: Islamic Higher Education Institution (IHEI) Context. Baltic Journal of Law & Politics, 15(1), 1885-1903.

Hisyam Zaini, Desain Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: CTSD IAIN Kalijaga, 2002), Hlm.4-5

Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif Di Perguruan Tinggi, (Enhanching Teaching And Learning), (Yogyakarta: CTSD, 2002), Hlm. VII

http://Singgih-Karoto.Weebly.Com/ Kawasan Dan Bidang Garapan TP. Diakses pada tanggal 25 Maret 2024

Http://Www.Teknologipendidikan.Net/2008/01/31/What-Is-Instructioinal-Technology, Diakses Pada Tanggal 26 Maret 2024.

Jamaluddin, D., Ramdhani, M. A., Priatna, T., & Darmalaksana, W. (2019). Techno University to Increase the Quality of Islamic Higher Education in Indonesia. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(1), 1264-1273

Kelvin Seipert, Pedoman Pembelajaran & Instruksi Pendidikan, (Yogyakarta: Ircisod, 2012). Terj. Dari Educational Psychology Houghton Mifflin Company, Boston 1983, Hlm. 101-219

Martinis Yamin Dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, (Jakarta: GP Press, 2009), Hlm. 134-135

Suyono Dan Hariyanto, Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), Hlm.2

Suyono, Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), Hlm. 9-10

Wekke, I. S., & Lubis, M. A. (2011). Educational Technology on Teaching and Learning of Integrated Islamic Education in Brunei Darussalam. Ulumuna, 15(1), 185-204.

Yusron Aminullah, Mindset Pembelajaran 10 Langkah Mendidik Siswa Secara Kreatif Dan Humanis, (Jakarta: Seri Pencerdasan, 2011), Hlm. 13-14

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Tamim, R. (2024). Pengelolaan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 1(2), 61-73. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/57

Artikel Serupa

1-10 dari 151

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.