Peningkatan Kualitas Pengajian Berbasis Digital untuk Masyarakat Desa Bandar Tinggi Kecamatan Bandar Masilam
Kata Kunci:
Pengajian berbasis digital, Masyarakat Desa Bandar TinggiAbstrak
Dengan kemajuan teknologi digital, metode pembelajaran agama pun ikut mengalami perubahan, termasuk dalam kegiatan pengajian. Pengajian berbasis digital menawarkan cara baru yang lebih efisien dan menarik bagi masyarakat, khususnya di pedesaan seperti Desa Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam, untuk mendalami ilmu agama. Meski demikian, adopsi teknologi digital dalam aktivitas keagamaan di wilayah ini masih menghadapi kendala, seperti tingkat literasi digital yang rendah dan terbatasnya akses internet. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan model pengajian berbasis digital yang mudah digunakan serta menilai dampaknya terhadap keterlibatan masyarakat dan pemahaman agama mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif yang melibatkan peneliti, pengajar agama, dan warga desa. Tahap pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan digital masyarakat, kemudian mengembangkan modul digital berbasis aplikasi yang menyajikan materi pengajian dalam format teks, audio, dan video. Modul tersebut diuji melalui pelatihan kepada guru ngaji dan peserta pengajian, dengan evaluasi yang mencakup aspek partisipasi, aksesibilitas, dan tingkat kepuasan peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengajian digital ini berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat hingga 40% dan meningkatkan pemahaman materi agama sebesar 30% dibandingkan metode tradisional. Dukungan media visual dan audio juga terbukti menarik minat peserta, khususnya kalangan muda, dalam mengikuti pengajian. Namun, keterbatasan infrastruktur jaringan internet menjadi tantangan yang perlu diatasi dengan dukungan peningkatan infrastruktur di desa. Penelitian ini berkontribusi penting dalam meningkatkan kualitas pengajian di masyarakat pedesaan, dan model pengajian berbasis digital ini direkomendasikan untuk diimplementasikan lebih luas dengan dukungan teknologi yang memadai.
Unduhan
Referensi
Alim, A. (2019). Pengembangan Pendidikan Agama Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1-12.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bafadhal, H. (2020). Digitalisasi Pengajaran Agama di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 95-112.
Ghazali, M. (2018). Pendidikan Berbasis Digital: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayati, N. (2021). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 45-60.
Ismail, I. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pendidikan Agama di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 67-79.
Mardiana, R. (2018). Transformasi Pengajian Konvensional ke Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 233-246.
Murtadlo, M. (2019). Pendidikan Agama di Era Digital: Sebuah Tantangan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 22-30.
Nasution, S. (2017). Strategi Peningkatan Literasi Digital di Masyarakat Desa. Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 4(1), 37-50.
Nugroho, S. (2021). Literasi Digital dan Pendidikan Agama di Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 153-165.
Prasetyo, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Digital untuk Pendidikan Agama. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 118-130.
Rahman, A. (2020). Inovasi Pembelajaran Agama dengan Memanfaatkan Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 55-70.
Salim, S. (2018). Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Agama: Suatu Tinjauan Teoritis. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 23-35.
Setiawan, A. (2021). Membangun Komunitas Pembelajaran Agama Melalui Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(4), 77-90.
Siregar, M. (2019). Perubahan Paradigma Pendidikan Agama di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 103-118.
Yusof, R. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 89-100.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anwar Sazali (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.