Strategi Marketing Pemberdayaan Ekonomi Mustahik di Rumah Zakat Sumsel Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi
Kata Kunci:
Strategi Marketing, Pemberdayaan Ekonomi, Mustahik, Rumah ZakatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing yang diterapkan dalam program pemberdayaan ekonomi mustahik di Rumah Zakat Sumatera Selatan serta dampaknya terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi penerima manfaat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing yang diterapkan meliputi pemasaran digital, kemitraan dengan berbagai pihak, serta penguatan branding produk mustahik. Implementasi strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan akses pasar bagi mustahik, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan ekonomi mereka. Dengan demikian, strategi marketing yang tepat menjadi faktor kunci dalam kesuksesan program pemberdayaan ekonomi di Rumah Zakat Sumatera Selatan.
Kata Kunci: Strategi Marketing, Pemberdayaan Ekonomi, Mustahik, Rumah Zakat.
Unduhan
Referensi
Al-Qur’an dan Terjemahan, At-Taubah Ayat 60.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, Marketing Managemen, ( Pearson, 2016).
Rumah Zakat Sumatra Selatan, “Laporan Tahunan 2023.
Kementerian Koperasi dan UKM, (Laporan Statistik UMKM Indonesia,2022).
Anwar, Achmad Syaiful Hidayat, Model Pemberdayaan Ekonomi Mustahiq Melalui Zakat, ( Jurnal Jeam, Volume XV, Edisi April, Tahun 2016 ).
Jauch, Lawrence R. dan F. Glueck, William. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, ( terj. Murad dan Henry Sitanggang. Jakarta: Erlangga, 1998 ).
Hunger, J. David & Wheelen, L. Thomas. Manajemen Strategis, ( terj. Julianto Agung. Yogyakarta: Andi, 2009 ).
Syaiful dan Suwarno, Kajian Pendayagunaan Zakat Produktif Sebagai Alat Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Mustahiq) Pada Lazismu Pdm Di Kabupaten Gresik, ( jurnal Benefit: Managemen dan Bisnis, Volume 19, Nomor 2, Edisi Desember, Tahun 2015 )
R. David, Fred., Strategic Management: Concepts and Cases, ( Terj. Ichsan Setyo Budi. Jakarta: Salemba Empat, 2006 ).
Mubasiruna, Distribusi Zakat Dan Pemberdayaan Ekonomi Umat, ( jurnal Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. Volume 7, Nomor. 2, tahun 2013 ).
Iriantara, Yosal., Manajemen Strategis Public Relations, ( Jakarta: Ghalia Indonesia. 2004 ).
Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin, Islamic Banking. ( Jakarta: Bumi Aksara, 2010 ).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Robaiyadi, Muhamad Zen, Fatmawati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.