Peran Strategi Tingkat Bisnis Dalam Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Di Era Digital: Pendekatan Studi Literatur

Penulis

  • Siti Anisa Salsabila Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta Penulis
  • Sandrina Sintya Dewi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta Penulis
  • Rahmadandi Prayuda Kahfi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta Penulis
  • Hesti Kusumaningrum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta Penulis

Kata Kunci:

Strategi Tingkat Bisnis, Keunggulan Kompetitif, Transformasi Digital, Kepemimpinan Biaya, Diferensiasi, Fokus, Inovasi Bisnis, Era Digital

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategi tingkat bisnis dalam mempertahankan keunggulan kompetitif di era digital melalui pendekatan studi literatur sistematis. Transformasi digital telah mengubah lanskap persaingan bisnis, sehingga perusahaan perlu menyesuaikan strategi bisnisnya agar tetap relevan dan unggul di pasar yang dinamis. Tiga strategi utama kepemimpinan biaya, diferensiasi, dan fokus masing-masing memiliki kontribusi penting dalam menghadapi tantangan era digital. Inovasi proses, pemanfaatan teknologi seperti big data, kecerdasan buatan, dan digitalisasi layanan menjadi faktor kunci dalam meningkatkan efisiensi operasional serta menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Studi ini menemukan bahwa integrasi strategi tingkat bisnis dengan transformasi digital secara menyeluruh dapat memperkuat keunggulan kompetitif perusahaan. Namun, tantangan seperti kebutuhan investasi teknologi, perubahan budaya organisasi, dan pengembangan sumber daya manusia harus diatasi agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang secara berkelanjutan di era digital yang penuh perubahan cepat dan persaingan ketat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Basalamah, M. S. A., Fadhilah, R. N., & Sinring, B. (2024). Pengaruh Suku Bunga Dan Tingkat Inflasi Terhadap Kinerja Keuangan Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ( Bei ). Jurnal Mirai Management, 9(1), 226–238.

Maha Puspa Ardhana, & Munawaroh Munawaroh. (2025). Analisis Strategi Daya Saing Bisnis Di Era Digital. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 116–122. Https://Doi.Org/10.58192/Profit.V4i1.2964

Maryani, L., & Chaniago, H. (2019). Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di Industri Fashion. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(1), 48–69. Https://Doi.Org/10.35313/Jrbi.V5i1.1615

Robiul Rochmawati, D., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis Di Era Transformasi Digital. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V14i1.3076

Suharto. (2024). Challenges And Opportunities Of Digital Transformation In Strategy Management. International Journal Of Science And Society, 6(1), 620–630. Https://Doi.Org/10.57125/Fed.2024.09.25.11

Yusepa, W., Kamilawati, A., Agesti, P. T., & Sanjaya, V. F. (2024). Peran Competitive Advantage Dalam Menarik Konsumen Di Pasar Lokal ( Studi Pada Topshop Bandar Lampung ). Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 29–40. https://Journal.Staittd.Ac.Id/Index.Php/Ai/Index

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-01

Cara Mengutip

Salsabila, S. A. ., Dewi, S. S. ., Kahfi, R. P. ., & Kusumaningrum, H. . (2025). Peran Strategi Tingkat Bisnis Dalam Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Di Era Digital: Pendekatan Studi Literatur. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(1), 136-140. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/420

Artikel Serupa

1-10 dari 57

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.