Peran Strategi Tingkat Bisnis Dalam Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Di Era Digital: Pendekatan Studi Literatur
Kata Kunci:
Strategi Tingkat Bisnis, Keunggulan Kompetitif, Transformasi Digital, Kepemimpinan Biaya, Diferensiasi, Fokus, Inovasi Bisnis, Era DigitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategi tingkat bisnis dalam mempertahankan keunggulan kompetitif di era digital melalui pendekatan studi literatur sistematis. Transformasi digital telah mengubah lanskap persaingan bisnis, sehingga perusahaan perlu menyesuaikan strategi bisnisnya agar tetap relevan dan unggul di pasar yang dinamis. Tiga strategi utama kepemimpinan biaya, diferensiasi, dan fokus masing-masing memiliki kontribusi penting dalam menghadapi tantangan era digital. Inovasi proses, pemanfaatan teknologi seperti big data, kecerdasan buatan, dan digitalisasi layanan menjadi faktor kunci dalam meningkatkan efisiensi operasional serta menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Studi ini menemukan bahwa integrasi strategi tingkat bisnis dengan transformasi digital secara menyeluruh dapat memperkuat keunggulan kompetitif perusahaan. Namun, tantangan seperti kebutuhan investasi teknologi, perubahan budaya organisasi, dan pengembangan sumber daya manusia harus diatasi agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang secara berkelanjutan di era digital yang penuh perubahan cepat dan persaingan ketat.
Unduhan
Referensi
Basalamah, M. S. A., Fadhilah, R. N., & Sinring, B. (2024). Pengaruh Suku Bunga Dan Tingkat Inflasi Terhadap Kinerja Keuangan Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ( Bei ). Jurnal Mirai Management, 9(1), 226–238.
Maha Puspa Ardhana, & Munawaroh Munawaroh. (2025). Analisis Strategi Daya Saing Bisnis Di Era Digital. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 116–122. Https://Doi.Org/10.58192/Profit.V4i1.2964
Maryani, L., & Chaniago, H. (2019). Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di Industri Fashion. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(1), 48–69. Https://Doi.Org/10.35313/Jrbi.V5i1.1615
Robiul Rochmawati, D., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis Di Era Transformasi Digital. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V14i1.3076
Suharto. (2024). Challenges And Opportunities Of Digital Transformation In Strategy Management. International Journal Of Science And Society, 6(1), 620–630. Https://Doi.Org/10.57125/Fed.2024.09.25.11
Yusepa, W., Kamilawati, A., Agesti, P. T., & Sanjaya, V. F. (2024). Peran Competitive Advantage Dalam Menarik Konsumen Di Pasar Lokal ( Studi Pada Topshop Bandar Lampung ). Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 29–40. https://Journal.Staittd.Ac.Id/Index.Php/Ai/Index
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Siti Anisa Salsabila, Sandrina Sintya Dewi, Rahmadandi Prayuda Kahfi, Hesti Kusumaningrum (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.