Implementasi Modul Kokurikuler Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Dalam Meningkatkan Tata Krama Siswa Di SMA N 2 Pamekasan

Penulis

  • Masti Yanto Universitas Islam Negeri Madura Penulis
  • Nailatur Rizqiyah Universitas Islam Negeri Madura Penulis
  • Waqi’atul Masrurah Universitas Islam Negeri Madura Penulis

Kata Kunci:

Modul kokurikuler, Pendidikan Agama Islam, Tata krama, Siswa, SMAN 2 Pamekasan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi modul kokurikuler pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI dalam meningkatkan tata krama siswa di SMAN 2 Pamekasan. Modul kokurikuler dipandang sebagai salah satu instrumen yang efektif dalam memperkuat dimensi karakter peserta didik, khususnya dalam hal etika, sopan santun, dan penghormatan terhadap guru maupun sesama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul kokurikuler tidak hanya menambah pengetahuan agama siswa, tetapi juga membentuk perilaku yang berlandaskan tata krama, baik di lingkungan sekolah maupun di luar. Faktor pendukung meliputi dukungan guru PAI, lingkungan sekolah yang religius, serta keterlibatan orang tua. Sementara itu, hambatan yang muncul antara lain kurangnya konsistensi siswa dalam menerapkan tata krama dan keterbatasan waktu pembelajaran. Dengan demikian, implementasi modul kokurikuler pada PAI terbukti memiliki kontribusi signifikan dalam membangun karakter tata krama siswa

Referensi

Faradisa, F. G. (2024). Implementasi Pembelajaran PAI pada kurikulum merdeka tahun 2022 di SMAN 2 PAMEKASAN (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Risqi, M. (2024). Implementasi Islamic Boarding School Pola Ma’had Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Hadi, S. (2015). Inovasi Kurikulum Keagamaan Di SMAN 1 Pamekasan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 119-152.

Ratnawati, R., Wafi, A., Hadi, S., Mubah, H. Q., Nusih, R., & Abidin, Z. (2024). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Layanan Program Ekstrakulikuler Pramuka SMA Negeri 2 Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 7(1), 96-107.

Nafis, J. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Siswa di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Zulaikah, E. (2024). KONSEP PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BERBASIS INTEGRATED CURRICULUM PAI DENGAN TEMA KEWIRAUSAHAAN. EDU RESEARCH, 5(2), 222-236.

YUSUF, T. M. (2024). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SD BAHRUL MAGHFIROH KOTA MALANG (Doctoral dissertation, STAI_Mahad_Aly_Al-Hikam_Malang).

Saniah, S., Fahrudin, F., & Nugraha, R. H. (2024). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Penggerak Kota Bandung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 32-41.

Maulina, L. (2024). Kebijakan Kepala Sekolah dan Madrasah dalam Menerapkan P-5/PPRA di SMAN 2 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).

Putikadyanto, A. P. A., Wachidah, L. R., & Sari, S. Y. (2024). Menciptakan Generasi Peduli Lingkungan: Inovasi Ekokurikulum Berbasis Kearifan Lokal Madura di SMP Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 47-62.

Nurmala, A. P. Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Pada Program Keahlian Kecantikan Dan SPA Di SMK Negeri 3 Pamekasan (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Yanti, S. F., & Tantoro, S. (2017). Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur (Doctoral dissertation, Riau University).

Retnoningsih, D. A. (2019). Pembentukan Sikap Tata Krama Siswa Sekolah Dasar Melalui Revitalisasi Pembiasaan Tembang Dolanan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 61-70.

Mones, A. Y., & Tmaneak, L. (2021). Dampak Efektivitas Pendidikan Tata Krama Dalam Keluarga Terhadap Pertumbuhan Karakter Anak Di Sdk Naileku. Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 2(2), 64-79.

Satria, M. B., & Amirudin, N. (2024). Pengaruh Pembiasaan Kegiatan Islami Terhadap Tata Krama Bersosial Peserta Didik Kepada Sesama Teman Dan Guru Di SD Muhammadiyah 1 Menganti. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 80-85.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-23

Cara Mengutip

Yanto, M., Rizqiyah, N., & Masrurah, W. (2025). Implementasi Modul Kokurikuler Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Dalam Meningkatkan Tata Krama Siswa Di SMA N 2 Pamekasan. At-Tadzkir: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Komunikasi , 2(2), 28-32. https://journal.staittd.ac.id/index.php/atz/article/view/531

Artikel Serupa

1-10 dari 24

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.