Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Kota Tebing Tinggi Melalui Variabel Pengetahuan Mayarakat Kota Tebing Tinggi

Penulis

  • Suci Citra Pratiwi Daulay STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran, Keputusan, Pengetahuan

Abstrak

Denyut jantung dalam sebuah usaha adalah pemasaran. Penunjang utama bagi kehidupan perusahaan adalah pemasaran. Untuk memasarkan produknya, Bank sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa keuangan juga membutuhkan strategi pemasaran. Hal penting yang mendukung perkembangan dunia perbankan adalah kemajuan teknologi. Faktor eksternal yang memiliki pengaruh kuat terhadap perilaku seseorang adalah sikap. Perasaan emosional dan kecenderungan tindakan yang menguntungkan dan tidak menguntungkan terhadap suatu benda atau gagasan, dengan menuntun individu kedalam kerangka berfikir untuk menyukai atau tidak menyukai suatu subjek merupakan sikap evaluasi kognitif. Diperlukan suatu kegiatan bauran pemasaran (Marketing Mix) untuk bisa mempengaruhi konsumen dalam menghadapi sikap konsumen. Perpaduan komponen Marketing Mix akan menjadi kekuatan untuk memikat konsumen. Marketing mix yang diteliti dalam penelitian ini yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi. Selain bauran pemasaran faktor lain yang mempengaruhi keputusan menjadi nasabah adalah pengetahuan, terbatasnya pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah. Hal ini menimbulkan persepsi masyarakat yang kurang tepat mengenai perbankan syariah, untuk itu perlu diketahui sejauh mana pengetahuan konsumen tentang perbankan. Hal tersebut mempengaruhi keputusan masyarakat untuk menjadi nasabah. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan menjadi nasabah melalui variabel pengetahuan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan masyarakat yang tepat terhadap perbankan syariah, sehingga menumbuhkan minat masyarakat untuk menjadi nasabah di bank syariah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arif Jalaludin, Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Wadiah, Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis, Vol. 2, No. 1, 2011.

Dwi Prayatno, Mandiri Belajar SPSS, Yogyakarta: Mediakom,2008.

Eko Yuliawan, Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung, Jurnal Wira Ekonomi Mikro Skill, Vol. 1, No. 1, 2011.

Fandi Tjiptono, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi, 2002.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

Iqbal Hasan, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

J. Paul Peter dan Jerry C. Olson, Consumer Behavior, Jakarta : Erlangga, 2000.

Jeni Raharjani, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan Di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang)”, Jurnal Manajemen danOrganisasi, Vol. 2, No. 1, 2005.

Juliansyah Noor, Metode Penelitian, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Kasmir, Manajemen Perbankan, Jakarta: Rajawali Press, 2004.

Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta: Kencana, 2005. Mardialis, Metode Penarikan Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta : Bumi Aksara, 2013.

Mardialis, Metode Penarikan Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta : Bumi Aksara, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29

Cara Mengutip

Daulay, S. C. P. . (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Kota Tebing Tinggi Melalui Variabel Pengetahuan Mayarakat Kota Tebing Tinggi. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 24-29. http://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/145

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.