Peragaan Manasik Haji Raudhatul Athfal Se-Kota Tebing Tinggi
Kata Kunci:
Pelatihan, Manasik Haji, Siswa Raudhatul AthfalAbstrak
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun karakter spiritual, keimanan, dan ketaqwaan sejak usia dini. Kegiatan peragaan ini sangat penting dilakukan agar terinternalisasi dalam diri peserta didik Raudhatul Athfal Se-Kota Tebing Tinggi tentang pelaksanaan ibadah haji, sehingga rukun islam yang kelima ini menjadi salah satu cita-cita dalam hidupnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah dan demonstrasi oleh pemateri, praktik dan peragaan oleh pemateri, pendampingan oleh pemateri, guru, dan peserta didik. Pelatihan ini menggunakan media gambar, tulisan, dan ilustrasi tempat-tempat penting dalam pelaksanaan ibadah haji. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa antusias dan semangat peserta didik Raudhatul Athfal Se-Kota Tebing Tinggi semakin meningkat dalam kegiatan ibadah, khususnya ibadah haji. Sebagian besar peserta didik sudah hafal bacaan dan doa-doa khusus yang dibaca pada waktu pelaksanaan ibadah haji dan faham urutan rangkaian pelaksanaan ibadah haji tersebut. Pelatihan Manasik Haji pada peserta didik Raudhatul Athfal Se-Kota Tebing Tinggi dengan mitra guru-guru RA tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pelaksanaan ibadah haji secara praktik.
Unduhan
Referensi
Ansori, M. Subhan, Siti Uswatun Kasanah, and A. Rachman Sidik. 2019. “Meningkatkan Pemahaman Dan Keterampilan Ibadah Haji Bagi Peserta Didik, Guru, Dan Wali Murid Melalui Pembelajaran Praktik Manasik Haji Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) 1(1):14–24.
Arifin, Johar. 2019. “Tuntunan Manasik Haji Dan Umroh.” Hidayatullah, Hidayatullah. 2019.
Jamilah, Jamilah, and Asri Prasetyaningsih. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti Melalui Kegiatan Manasik Haji Pada Anak Usia Dini Di RA Nurul Jadid Umbulan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.” Pp. 158–69 in PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education. Vol. 4.
Munawaroh, Hidayatu, and Sri Rahayu Ningsih. 2021. “Peningkatan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Latihan Manasik Haji.” Journal of Early Childhood and Character Education 1(2):107–22.
Pajala, Kiflin. 2015. “Pengaruh Bimbingan Manasik Haji Terhadap Peningkatan Kualitas Ibadah Haji Di Kota Palu Sulawesi Tengah.”
Rahmatika, Erna. 2020. “Implementasi Manasik Haji Pada Hidden Curriculum Dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa Kelas IX Di MTs N 5 Demak.”
Rohmansyah, Dede. 2017. “Bimbingan Manasik Haji Pada Lembaga Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Fattah Talangpadang Kabupaten Tanggamus (Telaah Terhadap Fungsi Pengawasan).”
Shofia, Naila. 2004. “Manajemen Pelatihan Manasik Haji Pada Anak-Anak.” Studi Kasus Pada RA Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Jati Kudus.
Rumsa, J., Novianti, W., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas VI SD IT Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 118-123.
Suningsih, R., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SD Negeri No. 107441 Pematang Guntung Kec. Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 133-138.
Latifatma, N., Ananda, K., Tanjung, E. P. P., Thohir, U. F., Sonia, A., Siregar, D. A., ... & Handayani, F. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 44-54.
Handayani, F., Sagala, A. H., Dlt, H. M., Nurhaliza, I., Zahra, L., Akbar, P., ... & Hasanah, U. (2023). Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Di Sma Cerdas Murni. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2060-2065.
Parinduri, S. A., & Fadilah, R. (2023). Analisis Pola Asuh Ayah Tunggal terhadap Kelekatan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 887-894.
Julyanti, N., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2023). The influence of the Completeness of Islamic Religious Education Learning Facilities on Student Learning Outcomes at UPT. SD Negeri 16 Sido Mulyo Medang Deras District Coal District. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 55-61.
Sahara, A., Parinduri, S. A., & Nasution, H. S. (2023). The Role Of Islamic Community Figures In Fostering Youth Religious Activities At The Al-Amin Mosque In Kuala Tanjung Village, Sei Suka District, Batu Bara Regency. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 87-92.
Prayogi, E., Idris, M., & Pratiwi, I. D. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Sebagai Bentuk Kedisiplinan Di Pondok Pesantren Modern Al Hasyimiyah Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 161-166.
Pratiwi, I. D. (2023). Telaah Buku Referensi Sejarah Pendidikan Islam Di Sekolah Tinggi Agama Islam Tebing Tinggi Deli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3119-3127.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Iqbal Affandi (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.