Program Pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB)
Kata Kunci:
Pelatihan, Satuan Pendidikan Aman Bencana, Sekolah, Siswa, BencanaAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) serta mendeskripsikan keterampilan kolaborasi siswa dan lembaga zakat dalam pelatihan kebencanaan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode service learning (SL). Materi disampaikan menggunakan media visual berupa power point, simulasi dengan penyajian hasil diskusi setiap kelompok. Tim relawan Rumah Zakat melatih peserta tentang penyelamatan di dalam ruangan dan pertolongan pertama darurat. Simulasi ini melibatkan siswa dan guru karena pelaksanaannya dibuat seolah-olah sedang terjadi bencana nyata, sehingga jalur evakuasi dan titik kumpul telah ditentukan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program SPAB di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dilaksanakan secara tatap muka dengan peserta yang terdiri dari siswa, guru, dan kepala sekolah. Dengan simulasi ini, diharapkan warga sekolah lebih mudah memahami dan siap menghadapi ancaman bencana. Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan komunitas sekolah dapat tangguh menghadapi bencana melalui sektor pendidikan dan menjalankan program dengan perencanaan yang lebih berkelanjutan. Program ini juga menyoroti pentingnya keterampilan kolaborasi di antara siswa dan mitra eksternal seperti Rumah Zakat, guna membangun budaya kesiapsiagaan dan ketangguhan di lingkungan sekolah. Interaksi tatap muka dan simulasi langsung memungkinkan peserta memperoleh pengalaman praktis, sehingga meningkatkan kemampuan mereka dalam merespons skenario bencana dengan efektif. Kegiatan ini menegaskan peran institusi pendidikan dalam pengurangan risiko bencana dan sejalan dengan upaya global untuk mempromosikan lingkungan pendidikan yang aman sebagaimana diuraikan dalam Kerangka Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana.
Unduhan
Referensi
Amri, A., Lassa, J. A., Tebe, Y., Hanifa, N. R., Kumar, J., & Sagala, S. (2022). Pathways to Disaster Risk Reduction Education integration in schools: Insights from SPAB evaluation in Indonesia. International Journal of Disaster Risk Reduction.
Ansyari, H. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Mewujudkan Tata Ruang Wilayah Yang Berbasis Mitigasi Bencana Di Kabupaten Mamuju (Studi Kasus Mamuju) [Other, Universitas Muslim Indonesia].
Badri, M. (2018). Sistem Komunikasi Dalam Pembangunan Sosial Pasca Bencana. Jurnal Dakwah Risalah, 29(1), Article 1.
Badruli, M., & Nur, M. (2015). Menerapkan Hak Asasi Manusia Dengan Model Pembelajaran Siaga Bencana Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia "Peran Pendidikan Dan Kebudayaan Dalam Mengindonesiakan Manusia Indonesia”, 182–190.
Danhas, M. (t.t.). Program Pasca Sarjana Universitas Andalas Padang 201.
Dimaputri, A. M., & Mujahidin, M. (2023). Optimalisasi Kampung Siaga Bencana Dalam Mitigasi Bencana Di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP dan KP), 139–160.
Dwarawati, D., Nugrahawati, E. N., Rozana, A., Utami, A. T., Husni, M., Pudjiadi, Y. C., Azka, H. M., & Havila, H. (2023). Lokakarya Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan Psychological First Aid (PFA). Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 3(1), Article 1.
Ferdy, F., & Wahyuddin, W. (2024). Aplikasi Game Edukasi Mitigasi Bencana Alam (Gempa Bumi Dan Tsunami) Mengunakan Metode Waterfall Berbasis Android. Jurnal Sintaks Logika, 4(1), Article 1.
Haksama, S., Prayoga, D., Lailiyah, S., & Sari, J. D. E. (2018). Capacity Building Peran Serta Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana Di Daerah Wisata Kabupaten Banyuwangi Dalam Rangka Mendukung Desa/ Kelurahan Tangguh Bencana (Destana) Tahun 2017. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 2(2), Article 2.
Harijoko, A., Puspitasari, D., Prabaningrum, I., Prastika, K. P., & Wijayanti, N. F. (2021). Manajemen Penanggulangan Bencana Dan Pengurangan Risiko Bencana Di Indonesia. Ugm press.
Indriasari, F. N., & Kusuma, P. D. (2020). Peran komunitas Sekolah Terhadap Pengurangan Risiko Bencana Di Yogyakarta. Jurnal Perawat Indonesia, 4(2), Article 2.
Noviani, R., Muryani, C., Sugiyanto, S., Ahmad, A., Sarwono, S., & Prihadi, S. (2023). Literasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) untuk Meningkatkan Kapasitas MGMP Geografi Kabupaten Boyolali. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 12(2), Article 2.
Oktradiksa, A., Haq, A. L. A., & Imaduddin, H. (2023). Empowerment of MIM Surodadi 1, Magelang Regency to create disaster resilient schools. Community Empowerment, 8(12), Article 12.
Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), Article 1.
Pramesti, R. Z. A., Nurdiansyah, M. I., Salsabilla, A., & Saputra, F. I. (2023). Optimization Of Disaster Safe Education Unit Through Disaster Risk Management In School. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 7(1), Article 1.
Qurrotaini, L., Putri, A., Susanto, A., & Sholehuddin, S. (2022). Edukasi Tanggap Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Pengetahuan Anak Terhadap Mitigasi Bencana Banjir. An-nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 35.
Rasadi, A., Hidayat, B., & Ophiyandri, T. (2020). Persepsi Masyarakat Mengenai Prioritas Pembangunan Infrastruktur Desa Berbasis Mitigasi Bencana (Studi Kasus Nagari/Desa Inderapura Selatan). Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(4), Article 4.
Renstra BPBD Kota Padang 2019-2024 | PDF. (t.t.). Diambil 22 Oktober 2024, dari https://www.scribd.com/document/667546409/Renstra-BPBD-Kota-Padang-2019-2024
Savitri, A. R., Julius, A. M., Sandi, A. W., Hakim, F. A., Widyaningrum, N., & Sakti, S. K. (2021). Pelajaran Pada Manajemen Bencana Di Jepang Untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi Pendidikan Kebencanaan di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka tentang Problematika dan Solusinya). Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(2), 136–154.
Triana, D. (2017). Mitigasi Bencana Melalui Pendekatan Kultural Dan Struktural.
Umeidini, F., Nuriah, E., & Fedryansyah, M. (2019). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI DESA MEKARGALIH KECAMATAN JATINANGOR. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2, 13.
Wicaksono, F. A., & Sibuea, R. P. (2022). Efektivitas Program Satuan Pendidikan Aman Bencana Di Sma Negeri 1 Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 63–73.
Yuliastanti, T., & Nurhidayati, N. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Remaja Pada Kejadian Bencana Di Smp N 1 Selo Kabupaten Boyolali. Jurnal Kebidanan, 11(02), Article 02.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ega Putri Handayani, Martin Kustati, Rezki Amelia, Gusmirawati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.