Pendampingan Tahsin Al Qur’an Dengan Metode Utsmani Di Rumah Qur’an Al Utsmani Padang

Penulis

  • Fatimah Nurul Zahara Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis

Kata Kunci:

Pendampingan Tahsin, Metode Utsmani, Tajwid, Teknik Bacaan

Abstrak

Sejak manusia lahir di dunia sampai menuju kematian, kehidupan dunia tidak akan pernah sepi dengan proses belajar. Dalam islam menjelaskan bahwa pendidikan menjadi hak bagi setiap manusia. Metode Asset-Based Community Development (ABCD) adalah metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini. Metode ini merupakan metode pemberdayaan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan aset, kekuatan dan potensi yang dimiliki masyarakat. Dari hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan, untuk itu penulis melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu “Pendampingan Tahsin Al Qur’an Dengan Metode Utsmani Di Rumah Qur’an Al Utsmani Padang.” Pendampingan dan bimbingan dilakukan pada santri yang berada di level 3 Rumah Qur’an Utsmani, yang sebelumnya para santri sudah di test masing-masing kemampuan bacaannya, sehingga mereka dikategorikan berada di level tersebut. Pengabdian yang dilakukan dengan menggunakan metode Utsmani kepada para santri yang sebagian besar adalah mahasiswa memberikan hasil dan perkembangan yang cukup baik dalam membaca Al-Qur’an terutama dari segi tajwid maupun makharijul hurufnya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arsyad, M., Bima, M. A., Fauzy, M. D. R. K., Saputra, M. I., Thaib, M., & Ramadhan, N. K. (2023). AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER AJARAN DAN HUKUM ISLAM. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(3), 110–118.

Dacholfany, M. I. (2018). Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan non-formal. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(1), 43–74.

Fadhilah, K. I. (2022). Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Usmani Dalam MEningkatkan Mutu Bacaan Al-Qur’an Siswa (Studi Kasus di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo) [PhD Thesis, IAIN Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/19518/

Gade, F. (2012). Ibu sebagai madrasah dalam pendidikan anak. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/462

Hakim, L., Nizar, A., Zaini, A., & Prasetiya, B. (2022). MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE TAJWID DI TPQ DARUL ULUM HIDAYATULLAH KOTA PROBOLINGGO. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 77–85.

Iryani, E. (2017). Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 66–83.

Islamadeti, I. (2019). STRATEGI KEGIATAN PROGRAM WAJIB BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI SISWA DI SMKN 2 SEBERANG MUSI. Annizom, 4(2). https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/annizom/article/view/2074

Kurniawan, F. H., Santoso, B., Sobandi, A., Maulana, M. A., & Fitrina, G. D. (2024). Implementasi Asset Based Community Development: Strategi Peran Pemimpin dalam Pemberdayaan Masyarakat berbasis Circular Economic pada Unit Usaha Syariah. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 9(1), 197–216.

Mizal, B. (2021a). Peningkatan Kemampuan Penyebutan Makharij Al-Huruf dan Menghafal Al-Qur’an dengan Menggunakan Strategi Reading Aloud pada Kelas III MIN Aceh Selatan. Penelitian Litapdimas 2020. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16400/

Mizal, B. (2021b). Peningkatan Kemampuan Penyebutan Makharij Al-Huruf dan Menghafal Al-Qur’an dengan Menggunakan Strategi Reading Aloud pada Kelas III MIN Aceh Selatan. Penelitian Litapdimas 2020. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16400/

Mukhtarom, A. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan. Desanta Publisher. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=0H9XEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Sejak+manusia+mulai+terlahir+di+dunia+sampai+menemui+kematian,+kehidupan+dunia+tidak+akan+pernah+sepi+tanpa+adanya+proses+belajar.+Dalam+Al-Qur%E2%80%99an+sudah+lengkap+merencanakan+pendidikan+manusia.+Mulai+dari+seperti+apa+manusia,+darimana+asal+manusia,+dan+kemana+arah+tujuan+hidupnya.+Dengan+adanya+pertanyaan+seperti+itu+akan+mengarahkan+manusia+agar+bisa+mencari+tujuannya+sebagai+manusia+dan+selalu+belajar+sepanjang+hayat.+&ots=N8sRwddDvc&sig=WbAL74EoxBFnJQbm5Ft5jNzxRe4

Mulya, B. (n.d.). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE UTSMANI DALAM RANGKA MEMBERANTAS BUTA AKSARA ARAB PADA IBU-IBU MANULA DI KAMPUNG SERUA PONCOL, CIPUTAT, TANGERANG SELATAN, BANTEN. Retrieved October 23, 2024, from https://mynida.stainidaeladabi.ac.id/asset/file_kkn/dd4a8-jurnal-kelompok-1.pdf

Noviani, D. (2024). Pendekatan Metode Utsmani: Strategi Efektif Meningkatkan Literasi Al-Qur’an di SD IT Menara Fitrah. Jurnal Mu’allim, 6(2), 263–271.

PINTU, D. M., & PUTRA, G. (n.d.). UPAYA GURU PENGAJIAN MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-HIDAYAH. Retrieved October 23, 2024, from https://repository.iainkerinci.ac.id/system/files/2024-01/SKRIPSI%20PAI%20GELKA%20PUTRA%20OK.pdf

Qiptiyah, T. M. (2020). Pendidikan Akhlak Pada Anak †øePerspektif Al-Qurâ€TM an dan Hadistâ€. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 108–120.

Rahayu, S. H., Huda, H., Wahono, J., Nadjih, D., & Sarnoto, A. Z. (2019). Implementasi Pendidikan Quran Tingkat Lanjut Bagi Santri Usia Dewasa. Jurnal Nuansa Akademik Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1). https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/583/

Riyanti, C., & Raharjo, S. T. (2021). Asset based community development dalam program corporate social responsibility (CSR). Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 112.

Saripah, I. (2016). Peran Orang Tua dan Keteladanan Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(02), 19–32.

Setyawan, W. H., Rahayu, B., Muafiqie, H., Ratnaningtyas, M., & Nurhidayah, R. (2022a). Asset Based Community Development (ABCD). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Setyawan, W. H., Rahayu, B., Muafiqie, H., Ratnaningtyas, M., & Nurhidayah, R. (2022b). Asset Based Community Development (ABCD). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Setyawati, D. P., Hartono, D., Alamsyah, R., & Handayani, D. F. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Utsmani Dalam Rangka Memberantas Buta Aksara Arab Pada Ibu-Ibu Manula Di Kampung Serua Poncol, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Bakti Mulya: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 28–36.

Susanti, R. (2024). Optimalisasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Sebagai Peningkatan Pemahaman Keagamaan. Al-Ijtima’i: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10.

Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022a). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. FONDATIA, 6(3), 691–701.

Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022b). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. FONDATIA, 6(3), 691–701.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29

Cara Mengutip

Zahara, F. N., Kustati, M., Amelia, R. ., & Gusmirawati. (2024). Pendampingan Tahsin Al Qur’an Dengan Metode Utsmani Di Rumah Qur’an Al Utsmani Padang. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49-55. http://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/165

Artikel Serupa

1-10 dari 20

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.