Pendampingan Tahsin Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi Dalam Memperbaiki Makharijul Huruf Santri di TPQ Al-Hikmah Nanggalo Padang

Penulis

  • Melvi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis

Kata Kunci:

Pembinaan, Tahsin Qur'an, Metode Talaqqi.

Abstrak

Membaca Al-Qur'an dengan tahsin dan sesuai dengan makharijul huruf merupakan kewajiban fardhu kifayah bagi umat Muslim, sehingga keterampilan ini sangat penting untuk dikuasai agar bacaan nya sesuai dengan kaidah. Di TPQ Al-Hikmah Nanggalo Padang, terdapat beberapa permasalahan mendasar terkait kemampuan santri dalam melafalkan huruf-huruf Al-Qur'an. Banyak santri masih melakukan kesalahan dalam melafalkan huruf yang tidak sesuai dengan makhrajnya (tempat keluarnya huruf). Selain itu, sebagian besar santri cenderung lebih fokus pada irama daripada menyempurnakan pelafalan, yang menyebabkan kesalahan dalam membaca Al-Qur'an. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan makharijul huruf santri melalui pendampingan dengan menggunakan metode tahsin Al-Qur'an berbasis talaqqi. Metode yang diterapkan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan partisipasi aktif santri dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini mencakup pengenalan teori makharijul huruf, demonstrasi pelafalan yang benar, latihan pengucapan secara individual, serta praktik membaca Al-Qur'an dengan penekanan pada ketepatan makharijul huruf. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan santri dalam melafalkan huruf-huruf Al-Qur'an sesuai dengan makharijul huruf yang benar. Santri juga menunjukkan kesadaran yang lebih tinggi akan pentingnya ketepatan pelafalan dibandingkan dengan hanya memperhatikan irama. Evaluasi akhir memperlihatkan adanya penurunan kesalahan pelafalan dibandingkan sebelum pendampingan dilakukan. Kegiatan ini terbukti berhasil dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an santri di TPQ Al-Hikmah dan memberikan dasar yang kuat untuk pembelajaran Al-Qur'an di masa mendatang. Rekomendasi untuk keberlanjutan program ini adalah melakukan pelatihan rutin dan evaluasi berkala untuk memastikan peningkatan yang konsisten dalam aspek makharijul huruf santri.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Alrahmado, V., & Iryanti, S. S. (2024). Peer Tutoring Sebagai Metode Pendidikan Berkemajuan Dalam Meningkatkan Baca Al-Qur’an (Studi Kasus: Smkn 29 Jakarta). Journal On Education, 6(3), 15769–15783.

Anam, K. (2021). Implementasi Irama Seni Baca Al Qur’an Pada Pembelajaran Tahsin Al Qur’an Pondok Pesantren Ibnu Aqil Laladon Ciomas Bogor Jawa Barat [Phd Thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri]. Http://Repo.Uit-Lirboyo.Ac.Id/483/

Fadhel, A. (2022). Keunggulan Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dan Tahfizh Di Lembaga Pendidikan Darul Huffazh Takengon. Repository. Ar-Raniry. Ac. Id. Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/26205/

Fathah, M. U. A. (2021). Metode Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Smp Mbs Bumiayu. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 20(2), 188–203.

Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–30.

Hasan, M. R., Makalalag, W. P., & Solong, N. P. (2024). Pendampingan Kegiatan Memberantas Buta Huruf Al Qur’an Menggunakan Metode Dirosah Dan Iqra Di Sma N 2 Limboto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 3(2), 45–58.

Husin, H., & Arsyad, M. (2022). Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mi Darul Falah. Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits, 1(1), 16–25.

Imam, K. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Bacaan Dan Hafalan Al-Qur’an Santri/Santriwati Di Rumah Qur’an Baburrahman Tanjungbalai [Phd Thesis, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara]. Https://Repository.Uisu.Ac.Id/Handle/123456789/3232

Istikomah, I., Sutarto, S., & Idris, M. (2023). Strategi Penggunaan Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Tahfidz Al-Fath Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas [Phd Thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup]. Http://E-Theses.Iaincurup.Ac.Id/4286/

Ningsih, E. T. (2024). Penerapan Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Kelas Vii Di Smp Pgri 2 Bandar Sribhawono [Phd Thesis, Iain Metro]. Https://Repository.Metrouniv.Ac.Id/Id/Eprint/9352/

Paraswati, N., & Setiawan, H. R. (2024). Pengaruh Kualitas Bacaan Al-Qur’an Dalam Metode Tahsin Di Satit Phatnawitya Demostrasi School Thailand. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(9), 4414–4428.

Rizka, G. P. (2022). Pengaruh Metode Gilling Ham Dalam Mengatasi Disleksia Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Pada Santri Di Tpa Masjid Baiturrahman Way Dadi Baru Sukarame Bandar Lampung [Phd Thesis, Uin Raden Intan Lampung]. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/21539/

Rofiah, N., Salma, K. N., & Putra, W. H. (2024). Penerapan Metode Tahsin Al-Muyassar Untuk Memperbaiki Qira’ah Al-Qur’an Santri Tpaal-Hidayah. Social Science Academic, 769–786.

Rohmadi, R. (2020). Aplikasi Metode Tahsin Untuk Belajar Al-Qur’an Dalam Pendampingan Kelompok Perempuan Di Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 9(1), 59–70.

Saputra, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Al-Quran Perspektif Fonologi. Educate: Journal Of Education And Culture, 1(02), 88–95.

Siregar, A. H. (2024). Pendekatan Sosiologis Dalam Studi Agama; Signifikansinya Terhadap Kemajuan Peradaban Islam. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 8(2). Https://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Eduriligia/Article/View/20677

Sirojul Baehaqi, S. B. (2023). Penerapan Metode Tahsin Program Bin-Naḍar Santri Di Pondok Pesantren Roudlotul Jannah Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2023 [Phd Thesis, Upt. Perpustakaan Undaris]. Http://Repository.Undaris.Ac.Id/Id/Eprint/1294/

Sofie, A. S. (2024). Pelaksanaan Program Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kaum Ibu Di Masjid As-Salaam Perumahan Karunia Indah Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung [Phd Thesis, Uin Raden Intan Lampung]. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/33228/

Supraha, W., & Indra, H. (2021). Implementasi Seni Baca Irama Al Qur’an (Nagham) Dalam Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Rayah Al-Islam, 5(01), 98–112.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29

Cara Mengutip

Melvi, Kustati, M., Amelia, R. ., & Gusmirawati. (2024). Pendampingan Tahsin Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi Dalam Memperbaiki Makharijul Huruf Santri di TPQ Al-Hikmah Nanggalo Padang. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13-23. http://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/144

Artikel Serupa

1-10 dari 22

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.