Program Pelatihan Intensif Tahsin Dan Tahfidz Untuk Santri Pondok Pesantren Dr. Syekh Salman Da'im Bandar Tinggi
Kata Kunci:
Program Pelatihan, Tahsin, Tahfidz, Pondok Pesantren, Evaluasi, Al-Qur'an, Metode Pembelajaran, Peningkatan Kemampuan, Santri, Pendidikan IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Program Pelatihan Intensif Tahsin dan Tahfidz yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Dr. Syekh Salman Da'im Bandar Tinggi. Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan santri dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an dengan tajwid yang benar dan hafalan yang solid. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan mixed-methods, yaitu gabungan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, kuesioner, dan tes kemampuan bacaan serta hafalan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini efektif dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an (tahsin) dan jumlah hafalan (tahfidz) santri. Analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan bacaan dan hafalan sebelum dan setelah mengikuti program. Santri juga memberikan respon positif terhadap metode pengajaran yang diterapkan. Meski demikian, tantangan terkait durasi pelatihan dan variasi tingkat kemampuan santri perlu diperhatikan dalam pengembangan program di masa mendatang. Penelitian ini menyarankan agar program pelatihan disesuaikan dengan tingkat kemampuan santri dan menggunakan teknologi lebih optimal dalam mendukung proses belajar.
Unduhan
Referensi
Al-Qur'an, Surah Al-Baqarah (2:2). (n.d.).
Basyir, M. (2019). Pendidikan Al-Qur'an di Pondok Pesantren: Tantangan dan Solusi. Jakarta: Pustaka Al-Qur'an.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (4th ed.). Sage Publications.
Hasyim, F. (2020). Pendidikan Islam dan Implementasi Al-Qur'an dalam Kehidupan Santri. Yogyakarta: Penerbit Ilmiah.
Husain, A. (2018). Pengembangan Program Tahfidz di Pesantren. Bandung: Pustaka Pesantren.
Merriam, S. B. (2014). Qualitative research: A guide to design and implementation (3rd ed.). Jossey-Bass.
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Pusat Pengembangan Pendidikan Al-Qur'an. (2016). Panduan Pengajaran Tahfidz Al-Qur'an (2nd ed.). Jakarta: Kementerian Agama RI.
Sekaran, U. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Wiley.
Shiddiqi, S. (2015). Metode Menghafal Al-Qur'an yang Efektif. Surabaya: Pustaka Al-Qur'an.
Suyitno, H. (2017). Manajemen Pesantren: Sistem dan Strategi Pendidikan Islam di Era Modern. Yogyakarta: Pustaka Abadi.
Syamsudin, S. (2015). Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.
Zain, A. (2021). Metode Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz: Teori dan Praktik di Pesantren. Bandung: Penerbit Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Abdul Rosib Siregar (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.