Implementasi Kitab Mathan Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Pemahaman Tahsin Al-Quran
Kata Kunci:
Implementasi, Kitab Tuhfatul Athfal, TahsinAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tahsin baik secara praktek maupun teori di Rumah Quran Sakinah yang terletak di Air Tawar Barat, Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan kitab Tuhfatul Athfal dalam meningkatkan pemahaman tahsin santri Rumah Quran Sakinah yang akan berdampak pada proses dalam menghafal Alquran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis narrative research dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kitab Tuhfatul Athfal memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan pemahaman tahsin santri Rumah Quran Sakinah dalam membaca dan menghafal Al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid yang baik dan benar. Dalam proses belajar guru membacakan mathan Tuhfatul Athfal dan sekaligus menjelaskan makna yang terkandung disetiap masing-masing BAB tajwidnya (Syarahnya). Kemudian guru akan memberikan permainan serta tanya jawab mathan baik dalam bentuk bahasa Arab maupun bahasa Indonesia.
Unduhan
Referensi
Abdussamad, H. Zuchri, dan M. Si Sik. 2021. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Afifah, Makrifatu Nur, Aep Saepudin, dan Huriah Rachmah. 2022. “Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran.” Hlm. 515–22 dalam Bandung Conference Series: Islamic Education. Vol. 2.
Angraini, Risa Dwi, Jumili Arianto, Hariyanti Hariyanti, dan Indra Primahardani. 2023. “Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah.” Jurnal Kewarganegaraan 20(1):63–76.
Annas, Annisa Nuraisyah, Ansar Ansar, Arwildayanto Arwildayanto, dan Sitti Roskina Mas. 2022. “Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Boarding (Studi Multikasus di MA Al-Huda Gorontalo).” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):15896–903.
Anwar, Khoirul, dan Mufti Hafiyana. 2018. “Implementasi metode ODOA (one day one ayat) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(2):181–98.
Arfandi, Muhammad Siddik, Wahyuddin Nur Nasution, dan Siti Halimah. 2023. “Kemampuan membaca dan menghafal Alquran santri melalui penguasaan kitab Tuhfatul Athfal.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 12(3):255–71.
Auwliya, Khairun Nisa. 2024. “IMPLEMENTASI METODE TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYYAH TAQWA BANDAR LAMPUNG.” PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Azhar, Muhammad, Salminawati Salminawati, dan Zaini Dahlan. 2024. “Pengembangan bahan ajar ilmu tajwid matan tuhfatul athfal berbasis aplikasi google play store.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 10(1):22–31.
Bhidju, Roni Hariyanto, dan Ahlimedia Press. 2020. Peningkatan hasil belajar ipa melalui metode demonstrasi. Ahlimedia Book.
Cecep, Cecep, Deden Thosin Waskita, dan Nurlaela Sabilah. 2022. “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi.” Jurnal Tahsinia 3(1):63–70.
Dewanti, Rahmi, dan A. Fajriwati. 2020. “Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih.” PILAR 11(1).
Dzulqia, Inatsan Qurrota A’yun. 2022. “PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP PENGEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH GISTING.”
Egatri, Dewi. 2019. “Pengaruh aktivitas menghafal al-qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren Hidayatul qur’an desa Banjar Rejo kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur Tahun 2019.” PhD Thesis, IAIN Metro.
Endayani, T. B., Cut Rina, dan Maya Agustina. 2020. “Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.” Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5(2):150–58.
Harahap, Nursapia. 2020. “Penelitian kualitatif.”
Hidayati, Nur Alfin. 2021. “Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube.” Jurnal Educatio Fkip Unma 7(4):1738–44.
Himmawan, Didik. 2023. “Bimbingan Tahsin Dan Tahfidz Al-Quran Untuk Anak-Anak Di Desa Cadangpinggan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu.” Journal Of Psychology, Counseling And Education 1(1):14–21.
Imron, Ali. 2019. “Efektivitas Penerapan Kitab Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Dipondok Pesantren Raudhlatul Huda Al-Islamy Sidomulyo Pesawaran.” PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Julaeha, Siti. 2023. “Pengembangan manajemen pembelajaran Tahsin Al-Qur’an: Penelitian di Pesantren Al-Qur’an Ummul Quro’Salopa Tasikmalaya, Al-Mubarok Awipari Tasikmalaya, Kudang Qiro’atussab’ah Limbangan Garut, Al-Falah Nagreg Bandung.” PhD Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Lusi, Kurnia. 2022. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID MELALUI KITAB TUHFATUL ATHFAL DI PONDOK PESANTREN MATHLA‟ UL „ULUM KELURAHAN MULYA ASRI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT.” PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Marliana, Rabiatul, Wahyu Wahyu, dan Novitawati Novitawati. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Tahfidz pada Anak Usia Dini.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):379–88.
Muzaky, Choirul Mala, dan Nurhafid Ishari. 2020. “Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 13(1):22–36.
Nesia, Anike Putri, Anggi Septia Nugroho, dan Khoironi Khoironi. 2023. “IMPLEMENTASI METODE TALAQI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID KITAB TUHFATUL ATHFAL DI RUMAH PERADABAN QURANI RAJABASA BANDAR LAMPUNG.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 6(2):224–37.
Nugraha, Derry, Miftah Amir, dan Nurkomala Nurkomala. 2023. “Pengaruh Metode Simulasi Dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pena Edukasi 10(1):1–8.
Nugrahani, Farida. 2014. “Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa.”
Nushah, Nunung. 2019. “Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Manba‟ Ussalam).” PhD Thesis, UIN SMH BANTEN.
Rahardjo, Mudjia. 2010. “Triangulasi dalam penelitian kualitatif.”
Rizkiyana, Asep. t.t. “PERAN TAHSINUL AL QURAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL QURAN SISWA DI SDIT AL-’IZZ SUKABUMI.”
Syahadah, Islam Darusy, dan Simo Boyolali Jawa Tengah. t.t. “Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid Dengan Menggunakan Kitab Tuhfatul Athfal Karangan Syekh Al Jamzury di Pondok Pesantren.”
WAFIDAH, IZZATUL. 2009. “PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS IV MI NURUL ISLAM PONGANGAN.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Winianti, Lia Anies, Nur Sinta Filaili, Mambaul Ngadhimah, dan S. Maryam Yusuf. 2023. “Penerapan Difusi Inovasi pada Pelaksanaan Program Aplikasi E-Tahfizh Tahsin di MI Tahfizh Entrepreneur Qurrota A’yun Ponorogo.” Excelencia: Journal of Islamic Education & Management 3(01):51–60.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Maulidani Ulfah , Martin Kustati, Rezki Amelia, Gusmirawati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.