Pendampingan Kegiatan Futsal Dalam Menumbuhkan Bakat Siswa Smp
Kata Kunci:
Pendampingan; Futsal; Bakat Siswa; Participatory Action Research.Abstrak
Kegiatan futsal merupakan salah satu cara efektif untuk menumbuhkan minat dan bakat olahraga pada siswa, terutama di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pendampingan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan bakat siswa dalam olahraga futsal di SMP Negeri 25 Padang dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Sebanyak 20 siswa dilibatkan sebagai subjek dalam pendampingan ini. Program ini dilaksanakan selama 12 minggu melalui beberapa tahapan, dimulai dari penilaian awal keterampilan untuk mengidentifikasi kemampuan dasar siswa. Selanjutnya, pelatihan teknik dasar seperti dribbling dan passing diberikan untuk memperkuat fundamental permainan. Tahap berikutnya mencakup pengajaran taktik dan strategi yang bertujuan mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami pola permainan. Pelatihan juga mencakup pengembangan fisik untuk meningkatkan stamina dan kelincahan mereka. Sesi akhir diisi dengan simulasi pertandingan untuk menguji keterampilan yang telah diperoleh selama pelatihan. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan teknis, pemahaman taktik, dan kemampuan fisik siswa, yang menandakan efektivitas pendekatan PAR dalam menumbuhkan bakat futsal siswa. Pendekatan bertahap ini juga terbukti mampu memotivasi siswa dalam meningkatkan keterampilan mereka secara berkesinambungan
Unduhan
Referensi
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.
Al Zikri, M. A. (2023). The jurnal Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Futsal di SMA Negeri 1 Mandau. e-SPORT: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 4(1), 143–154.
Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).
Badaru, B. (2017). Latihan Taktik BEYB Bermain Futsal Modern. Cakrawala cendekia.
Candra, O., Prasetyo, T., & Rahmadani, A. (2023). Pembentukan Karakter Melalui Olahraga. Eureka Media Aksara.
DIDIEK, S. (t.t.). OLAH RAGA FUTSAL GAYA HIDUP MASYARAKAT KOTA. Diambil 9 November 2024.
Ediati, A. (t.t.). Dampak futsal. Diambil 9 November 2024.
Ediati, A. (2019). Dampak Futsal-Berbasis-Psikologi-Positif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(2), 95–109.
Lhaksana, J. (2011). Taktik & Strategi futsal modern. Be Champion.
Lhaksana, J., & Pardosi, I. H. (2008). Inspirasi dan spirit futsal. Raih Asa Sukses.
Lutfillah, M. A. N., & Wibowo, S. (2021). Tingkat kebugaran jasmani tim futsal putri: Literatur review. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume, 9(01), 151–159.
Marlina, L., & Safandi, M. (2024). STRATEGI MANAJEMEN PENGELOLAAN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA CIMAHI. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10650–10662.
Matitaputty, J. (2019). Pengaruh Latihan Kecepatan Terhadap Kecepatan Menggiring Bola Pemain Futsal Junior Fc Patriot Penjaskesrek Unpatti Ambon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 101–113.
Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 437–452.
Pasaribu, E., Simbolon, N. T., Panjaitan, N. R. P., Situmorang, N. D., & Siddik, F. (2024). PENGARUH PROGRAM OLAHRAGA EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6502–6508.
Pranyoto, F. S. (2020). Pengaruh Latihan Agility Hurdle Drills Dan Agility Ring Drills Dan Kecepatan Terhadap Kelincahan Pemain Futsal. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rinaldi, M., & Rohaedi, M. S. (2020). Buku Jago Futsal. Ilmu Cemerlang Group.
Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi pembentukan karakter dan kedisiplinansiswa sekolah dasar melalui pendidikan jasmaniolahraga dan kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., & Ramos, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488.
SERAN, M. R. (t.t.). KORELASI KESEIMBANGAN, KOORDINASI, DAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KUALITAS KEMAMPUAN SHOOTING DALAM PERMAINAN FUTSAL. Diambil 9 November 2024, dari
Syafaruddin, S. (2018). Tinjauan Olahraga Futsal. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 7(2).
Tenang, J. D. (2008). Mahir Bermain Futsal: Dilengkapi Teknik dan Strategi Bermain. DAR! Mizan.
Tifal, I. N. (2023). Pendidikan Jasmani dan Olahraga sebagai Sarana Pendidikan dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. JPKO Jurnal Pendidikan Dan Kepelatihan Olahraga, 1(01), 1–9.
Wibowo, F. (t.t.). Asal Usul Permainan Olahraga Bola Besar. GUEPEDIA. Diambil 9 November 2024.
Yusriyah, A. H., & Retnasari, D. (2023). Mengembangkan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 18(1).
Zubaida, I., Ruhiat, Y., & Hendrayana, A. (2024). Membangun Prestasi Olahraga Hadang. MEGA PRESS NUSANTARA.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Jamiat, Martin Kustati, Rezki Amelia, Gusmirawati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.