Pengembangan Kurikulum Berbasis Life Skills Bagi Santri Pesantren Bandar Tinggi
Kata Kunci:
Kurikulum Pesantren, Life Skills, Kemandirian Santri, Pendidikan Karakter, Kewirausahaan PesantrenAbstrak
Pendidikan di pesantren umumnya berfokus pada aspek keagamaan, sementara keterampilan hidup (life skills) sering kali belum menjadi prioritas dalam kurikulum. Padahal, dalam era globalisasi dan persaingan kerja yang semakin ketat, santri memerlukan keterampilan tambahan agar mampu beradaptasi di dunia nyata, baik dalam bidang wirausaha, komunikasi, kepemimpinan, maupun manajemen diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis life skills di Pesantren Bandar Tinggi guna meningkatkan kesiapan santri dalam menghadapi tantangan kehidupan setelah lulus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan partisipatif, yang melibatkan santri, pengasuh pesantren, dan alumni dalam proses perancangan dan evaluasi kurikulum. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi observasi kebutuhan, perancangan modul pembelajaran, implementasi pelatihan, serta evaluasi efektivitas program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan komunikasi, kewirausahaan, dan problem-solving. Selain itu, pendekatan active learning yang diterapkan dalam pelatihan terbukti mampu meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar santri. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi life skills dalam kurikulum pesantren dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kemandirian santri. Oleh karena itu, pesantren diharapkan dapat mengadopsi pendekatan serupa dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk akademisi, praktisi pendidikan, dan pemerintah. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari penerapan kurikulum ini terhadap kehidupan santri setelah mereka menyelesaikan pendidikan di pesantren.
Unduhan
Referensi
Bowen, G. A. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27-40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.
Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Hidayat, A., & Hasanah, U. (2021). Penerapan Pendidikan Life Skills dalam Kurikulum Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1), 85-101. https://doi.org/10.21093/jpi.v10i1.3285
Huda, M., Supriyanto, A., & Kartanegara, M. (2021). Islamic Education and Life Skills: Integrating Character Education in Pesantren. Islamic Studies Review, 14 (2), 221-237. https://doi.org/10.1080/1570064X.2021.1877913
Krueger, R. A., & Casey, M. A. (2015). Focus Groups: A Practical Guide for Applied Research (5th ed.). Sage.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Sage Publications.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). Sage Publications.
Rahman, A., Sulaiman, M., & Jannah, R. (2022). Entrepreneurial Skills for Pesantren Students: A Case Study of Islamic Boarding Schools in Indonesia. Journal of Islamic Economics and Business, 8 (1), 75-90. https://doi.org/10.1080/1570064X.2022.2148923
Setiawan, R., & Mulyani, T. (2020). Integration of Soft Skills and Life Skills in Islamic Boarding Schools. Journal of Islamic Education Research, 15 (3), 201-218. https://doi.org/10.11591/jier.v15i3.4567
Stringer, E. T. (2014). Action Research (4th ed.). Sage.
Sulaiman, M. (2020). The Role of Pesantren in Developing Entrepreneurial Skills Among Students. Journal of Islamic Studies and Society, 12 (2), 87-104. https://doi.org/10.2139/ssrn.3674896
Yusuf, A. (2022). Life Skills Education in Islamic Boarding Schools: Challenges and Opportunities. International Journal of Islamic Pedagogy, 6 (1), 55-70. https://doi.org/10.1080/1570064X.2022.2148924
Zarkasyi, H. F. (2019). Pesantren: Changing Tradition and Religious Leadership. Islamic Studies Journal, 14 (1), 45-67. https://doi.org/10.1080/1570064X.2019.2148913
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anwar Sazali (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.