Peranan Kuliah Kerja Lapangan Sebagai Peningkatan Sikap Sosial Dan Empati Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STAI Tebingtinggi Deli)
Kata Kunci:
Pengabdian Masyarakat, Pendidikan, Kesehatan, Agama, SosialAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat yaitu Intervensi sosial yang dimana intervensi sosial merupakan upaya perubahan terencana terhadap individu, kelompok, maupun komunitas dengan asas kekeluargaan dan kemandirian. Tujuan utama dari intervensi sosial adalah memperbaiki fungsi sosial (individu, kelompok, masyarakat) yang merupakan sasaran perubahan, ketika fungsi sosial seseorang berfungsi dengan baik, diasumsikan bahwa kondisi kesejahteraan akan semakin mudah dicapai. Tahapan terpenting dalam intervensi yaitu pengumpulan data yang merupakan tahap dimana pekerja sosial mengumpulkan informasi yang dibutuhkan terkait masalah yang akan diselesaikan. Hal ini dapat membantu masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang, terutama pendidikan, kesehatan, agama, dan sosial. Mahasiswa KKN ini melakukan kegiatan Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Penduduk Desa Kuala Tanjung pada umumnya menyambut baik kedatangan mahasiswa untuk membawa perubahan melalui pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, agama dan sosial.
Unduhan
Referensi
Antarnusa, Ganesha. 2020. Kuliah Kerja Mahasiswa Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Desa Sukabares Kecamatan Ciomas. Vol.1 No.1 November 2020.
Ali, Muhammad. 2000. Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa
BP-KKL. 2016. Petunjuk Teknik dan Petunjuk Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Tematik Universitas Lampung Periode Januari Tahun 2016. Lampung: Universitas Lampung
David Berry. 2003. Pokok-pokok Pikiran dalam Sosiologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hofrichter, D. A., Spencer, L. M., Jr. 1996. Competencies: The right foundation for effective human resources management. Compensation and Benefits Review, 28(6): 21-24
Ika Mauli Diayawati. 2017. Pengaruh Program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Terhadap Ketrampilan Komunikasi Sosial Mahasiswa UINSA (Studi Pada Mahasiswa Peserta KKL Gelombang II UINSA Tahun 2016). Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Joko, N. H. (2005). Urgensi Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2): 51-58.
Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Surabaya: Ghalia Indonesia
Moelong, Lexy L. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya
Pedoman Pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KKL). 2017. “Kuliah Pengabdian Masyarakat Sebagai Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Universitas Samudra.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Herry Syahbanuddin Nasution, M. Alang Khairunnizar Bin Ismail, Arya Wildana, Chairina Tri Ayunda, Dedi Kurniawan, Eka Aguswinarti, Ikhwaniyah Lubis, Ramdani Al Hasyim (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








