Strategi Komunikasi Mahasiswa KKL Dalam Meningkatkan Partisipasi Remaja Masjid Nurul Taqwa Dalam Organisasi Keagamaan Di Desa Gelam Sei Serimah Kabupaten Serdang Bedagai
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Remaja Mesjid, Organisasi KeagamaanAbstrak
Penelitian ini membahas efektivitas strategi komunikasi yang diterapkan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dalam meningkatkan partisipasi remaja Masjid Nurul Taqwa di Desa Gelam Sei Serimah, Kabupaten Serdang Bedagai, dalam organisasi keagamaan. Salah satu organisasi yang berperan dalam pembinaan remaja masjid adalah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), yang memiliki peran penting dalam mengembangkan aktivitas keislaman dan kepemimpinan generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi berbasis interpersonal, edukatif, dan digital yang diterapkan mahasiswa KKL mampu meningkatkan kesadaran serta minat remaja untuk aktif dalam kegiatan BKPRMI dan organisasi keagamaan lainnya. Pendekatan persuasif, pemanfaatan media sosial, serta pelaksanaan kegiatan keagamaan yang menarik menjadi faktor utama dalam meningkatkan partisipasi remaja masjid. Namun, beberapa tantangan seperti kurangnya komitmen dan keterbatasan fasilitas masih menjadi kendala yang perlu diatasi. Dengan strategi komunikasi yang efektif, mahasiswa KKL berkontribusi dalam membina remaja masjid, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan partisipatif dalam kegiatan keagamaan.
Unduhan
Referensi
Andesta. (2022). Bimbingan Keagamaan Dalam Pengembangan Perilaku Sosial Pada Remaja Masjid Nurul Falah Di Desa Tanjung Raya Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Uin Raden Intan Lampung.
Bahri, A. S. (2020). Efektivitas Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Dalam Meningkatkan Spatial Thinking “Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNISMA Bekasi.” Geographia Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi, 1(1), 46–58.
Baitul, A. (2025). Strategi Komunikasi Pengurus Masjid Dalam Upaya Membina Moral Remaja Masjid Jami’. Retrieved January.
Gaffar, A. (2024). Peranan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pemuda Remaja Masjid Di Kota Parepare. IAIN Parepare.
Hardani Et Al. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).
Nasution, R. H., Pane, A. R., Asrida, I., Setiawan, F., Febriyanti, I., Syahrendi, M., & Arianda, Y. (2024). Peranan Mahasiswa KKL STAI Tebing Tinggi Deli Dalam Melaksakanan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Di Desa Sei Simujur, Kab. Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27–32.
Prasetiawati, E. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131. Https://Www.Journal.Iaingorontalo.Ac.Id/Index.Php/Tjmpi/Article/View/523
Sirait, A. F., Darma, S., Annisa, R., Zahari, C. L., & Mardiati, M. (2025). KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) MAHASISWA PASCASARJANA UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA (UMN) AL WASHLIYAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 811–816.
Siregar, A. R., Rambe, M. S., Arrifa, A., Hasibuan, D. J. K., Harahap, L. A., Az-Zahra, L., & Utami, L. (2024). Peran Kkl Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Keagamaan Di Desa Tanjung Kubah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 46–55.
Soraya, S. F., Hasibuan, W. A., Ferdi, M., & Nasution, H. I. (2025). Peran Dan Strategi BKPRMI Dalam Meningkatkan SDM Remaja Masjid Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 274–283.
Sumarwan, E., Kartika, T., & Avitasari, I. (2024). Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Agama, 25(1), 125–137.
Syahlan, A., Pratiwi, I. D., Rahman, A., Mufrih, A., Puspita, D., Yanti, D., Hamdi, F., & Marpaung, S. W. (2024). Strategi Komunikasi: Kesadaran Remaja Dalam Menyejahterakan Dan Memakmurkan Masjid (Studi Kasus Di Desa Pakam Raya). INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 6–12.
Syari Nurhayani, Lathief Ilhamy Nasution, M., Studi Perbankan Syariah, M., & Ekonomi Dan Bisnis Islam, F. (2023). Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication (Imc) Pada Produk Pembiayaan Bsi Cicil Emas (Studi Kasus Pt. Bank Syariah Indonesia Kcp Kota Pinang). Cetak) Journal Of Innovation Research And Knowledge, 2(9), 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Herry Syahbanuddin Nasution, Ali Syahlan, Gadis Apriliani, Anggi Puspitasari, Lolita Lempicka, Cindy Pramita, Ahmad Khaidir (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.