Peranan Kuliah Kerja Lapangan dalam Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli di Desa Gunung Serawan

Penulis

  • M. Alang Khairun Nizar STIE Bina Karya Penulis
  • Diki Wiranda Sekolah Tinggi Agama Islam TebingTinggi Deli Penulis
  • Widia Sari Sekolah Tinggi Agama Islam TebingTinggi Deli Penulis
  • Nabila Cahyarani br Malau Sekolah Tinggi Agama Islam TebingTinggi Deli Penulis
  • Nurul Huda Sekolah Tinggi Agama Islam TebingTinggi Deli Penulis
  • Winda Ramadhania Sekolah Tinggi Agama Islam TebingTinggi Deli Penulis
  • Jailani Sekolah Tinggi Agama Islam TebingTinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Kuliah Kerja Nyata, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Mahasiswa, Masyarakat

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKL) merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan di tengah masyarakat. Program ini tidak hanya mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi, tetapi juga bertujuan membentuk kompetensi sosial dan kepribadian mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah peran KKL dalam pengembangan kompetensi tersebut. Subjek penelitian meliputi mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli peserta KKL serta masyarakat di Desa Gunung Serawan, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKL berkontribusi nyata dalam meningkatkan kompetensi sosial dan kepribadian mahasiswa, yang diakui secara langsung oleh masyarakat di lokasi kegiatan

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta

Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi. Vol 1 (1). STKIP Setiabudi.

Hasanah, U., Apriani, A., Rahmadani, T.A., dkk. (2022). Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Sebagai Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Bandar Kuala. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3275-3283. Doi: 10.31604/jpm.v5i9.3275-3283.

Ir Sutami, J., Kentingan Surakarta, A., Triyani, B., & Hani Salmalina, F. (2023). Mencari Format Pengabdian Internasional Sesuai Kebutuhan Bangsa Indonesia Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian Di Kampung Nirbitan Tipes. Seminar Nasional Sendimas Uns Membangun Desa, 12–21.

Kantor Desa Gunung Serawan, Kec. Simalungun, Kab. Simalungun

Moelong, L. L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya. 17, 302.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28-35

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-04

Cara Mengutip

Nizar, M. A. K., Wiranda, D. ., Sari, W. ., br Malau, N. C. ., Huda, N., Ramadhania, W. R., & Jailani. (2025). Peranan Kuliah Kerja Lapangan dalam Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli di Desa Gunung Serawan. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 125-128. https://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/528

Artikel Serupa

1-10 dari 50

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.