Peranan Kuliah Kerja Lapangan dalam Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli di Desa Gunung Serawan
Kata Kunci:
Kuliah Kerja Nyata, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Mahasiswa, MasyarakatAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKL) merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan di tengah masyarakat. Program ini tidak hanya mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi, tetapi juga bertujuan membentuk kompetensi sosial dan kepribadian mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah peran KKL dalam pengembangan kompetensi tersebut. Subjek penelitian meliputi mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli peserta KKL serta masyarakat di Desa Gunung Serawan, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKL berkontribusi nyata dalam meningkatkan kompetensi sosial dan kepribadian mahasiswa, yang diakui secara langsung oleh masyarakat di lokasi kegiatan
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta
Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi. Vol 1 (1). STKIP Setiabudi.
Hasanah, U., Apriani, A., Rahmadani, T.A., dkk. (2022). Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Sebagai Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Bandar Kuala. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3275-3283. Doi: 10.31604/jpm.v5i9.3275-3283.
Ir Sutami, J., Kentingan Surakarta, A., Triyani, B., & Hani Salmalina, F. (2023). Mencari Format Pengabdian Internasional Sesuai Kebutuhan Bangsa Indonesia Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian Di Kampung Nirbitan Tipes. Seminar Nasional Sendimas Uns Membangun Desa, 12–21.
Kantor Desa Gunung Serawan, Kec. Simalungun, Kab. Simalungun
Moelong, L. L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya. 17, 302.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta
Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28-35
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 M. Alang Khairun Nizar, Diki Wiranda, Widia Sari, Nabila Cahyarani br Malau, Nurul Huda, Winda Ramadhania, Jailani (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








