Kolaborasi Mahasiswa Dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Anak Di Kelurahan Persiakan Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi
Kata Kunci:
Kuliah Kerja Lapangan, Pengabdian Masyarakat, Pengabdian MahasiswaAbstrak
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada aspek pengabdian masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan KKL mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli di Kelurahan Persiakan, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 22 Juli – 30 Agustus 2025 dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan partisipasi langsung. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan pendidikan (mengajar les, pengajian, sosialisasi sekolah), sosial-keagamaan (perwiritan, gotong royong, pembinaan remaja masjid), serta pemberdayaan masyarakat (kunjungan UMKM, peternakan, penanaman toga, dan kegiatan 17 Agustus). Kendala utama adalah keterbatasan transportasi dan kurangnya partisipasi remaja masjid. Solusi dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan tokoh masyarakat dan memberikan pembinaan rutin. Kesimpulannya, kegiatan KKL memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa, masyarakat, dan perguruan tinggi baik dalam peningkatan keterampilan, partisipasi sosial, maupun penguatan jejaring.
Unduhan
Referensi
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Corwin Press.
Suyanto. (2019). Pengabdian Masyarakat dalam Perspektif Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Kuliah Kerja Nyata. Jakarta: Kemendikbud.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2025). Kuliah Kerja Lapangan. Jakarta: Badan Bahasa.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Uswatun Hasanah Usnur, Khaliq Atmajaya, Ajeng Nawantinur, Nazla Safitri, Firyal Alifah, Ifan Septian Ardiansyah, Rohmad (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








