Implementasi Kuliah Kerja Lapangan STAI Tebing Tinggi Deli Di Desa Mekar Sari: Integrasi Pengabdian, Pendidikan, Dan Pemberdayaan Masyarakat
Kata Kunci:
Kuliah Kerja Lapangan, Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Terapan, PengabdianAbstrak
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan program akademik untuk mengintegrasikan teori perkuliahan dengan praktik lapangan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian ini menganalisis pelaksanaan KKL mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli di Desa Mekar Sari, Kabupaten Batu Bara. Tujuannya adalah menerapkan ilmu kampus secara langsung, meningkatkan keterampilan mahasiswa, dan memberdayakan masyarakat desa melalui program edukasi, sosial, dan lingkungan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan data diperoleh dari observasi partisipan, dokumentasi, wawancara informal, dan refleksi kelompok. Hasil menunjukkan peningkatan kapasitas mahasiswa dan dampak positif terhadap masyarakat, seperti peningkatan kesadaran pendidikan, kesehatan, dan pengelolaan lingkungan. Kendala seperti keterbatasan sumber daya dan minat anak diatasi dengan metode pembelajaran kreatif dan kolaborasi dengan pihak desa. KKL ini berhasil menjalin sinergi pendidikan dan pengabdian berkelanjutan dengan rekomendasi penguatan tim dan kesinambungan program.
Unduhan
Referensi
Ginanto, D. (2024). Utilization of Social Media in the Community Service Program: A Study from Jambi, Indonesia. Journal of Southeast Asian Islam and Society.
Gulo, K., dkk. (2025). Empowering Communities Through KKN: Promoting Environmental Awareness and Early Education in Payaroba, Binjai. Nusantara Journal of Community Service.
Harahap, A. M., dkk. (2025). Analysis of the Effectiveness of the Community Service Program in the Development of Sumber Padi Village, Batubara Regency. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.
International Journal of Community Service Learning. (2025). Vol. 9 No. 1. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurniawan, A. (2022). Peran Kuliah Kerja Nyata dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2)
Mustofa, I. (2020). Integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Program KKN. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3)
Nopianti, F. (2023). Implementasi Service Learning dan Community Base Research Melalui Program KKL dalam Bentuk PKM Desa Jeruju Besar Kota Pontianak. Ecology.
Paputungan, F. (2023). Implementation of KKN as Community Service Activities in accordance with the Field of Science. Journal of Education and Culture (JEaC).
Suryani, E., & Puspitasari, D. (2021). Implementasi KKN dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 9(1)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Chairuddin Siregar, Anwar, Annisa Nabila, Ardila, Ella Aulia, Novita Sari (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








