Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Di Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul
Kata Kunci:
Strategi Pembelajaran Aktif, Kemampuan membaca Al-Quran, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Desa KerapuhAbstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah melalui strategi pembelajaran aktif. Metode pembelajaran aktif mengunakan metode ceramah,tanya jawab, pembiasaan, dan latihan. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran aktif mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa sebesar. Strategi ini efektif meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. Karena memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar. Selain itu, strategi ini juga meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam membaca Al-Quran. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan partisipasif yang melibatkan peneliti pengajar agama dan siswa Madrasayah Diniyah Takmiliyah Awaliyah. Tahap pertama adalah penggajar agama mendengarkan siswa membaca Al-Quran, kemudian pengajar agama menilai bacaan siswa dimulai dari makharijul huruf dan tajwidnya.
Unduhan
Referensi
Abdulah, M. K., Fauzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208.
Afidah, R., & Sholichah, N. I. (2020). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran Di RA Al-Khusyu’Tugurejo Wates Blitar-Malang. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 2(1), 45–50.
Dianty, C., Andari, A. A., Sujarwo, A., & Hidayah, N. (2023). Implementasi Manajemen Disain Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(3), 20–37.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Hasan, M. S., & Aziz, A. (2023). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 143–159.
Hasim, W., Kusen, K., Hartini, H., & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3884–3897.
Hasriadi, H. (2022). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.
Heilporn, G., Lakhal, S., & Bélisle, M. (2021). An examination of teachers’ strategies to foster student engagement in blended learning in higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 25.
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3).
Kadri, R. M., & Kirin, A. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Dan Menghafal Al-Quran Di Sd Sabbihisma Padang Sumatra Barat. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(2), 238–247.
Khoiriyah, M. F., Rahminawati, N., & Surbiantoro, E. (2022). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di SDIT Generasi Cendekia Kec. Wanasalam Kab. Lebak-Banten. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 577–585.
Kopnina, H. (2020). Education for the future? Critical evaluation of education for sustainable development goals. The Journal of Environmental Education, 51(4), 280–291.
Laili, M., & Hasan, M. S. (2022). Konsep Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Pribadi Kafah Menurut Ibnu Athaillah: Analisis Kitab Al-Hikam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 217–235.
Mariyani, M., & Alfansyur, A. (2021). Strategi Guru PPKn dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 di Pali, Sumatera Selatan:-. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(2), 1–15.
Mashuri, I., Fanani, A. A., & Hikmah, U. (2021). Internalisasi nilai-nilai akhlak Islam dalam membentuk karakter siswa SMA Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan Dan Hukum Islam, 19(1), 157–169.
Murni, M., Barmawi, B., Nelisma, Y., Yondris, Y., & Asmadin, A. (2022). Kendala dan Strategi Guru Dalam Memotivasi Anak Untuk Belajar Dari Rumah (Bdr) Pada Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 234–246.
Nyborg, G., Mjelve, L. H., Edwards, A., & Crozier, W. R. (2022). Teachers’ strategies for enhancing shy children’s engagement in oral activities: necessary, but insufficient? International Journal of Inclusive Education, 26(7), 643–658.
Paisal, P., & Irfani, F. (2023). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa YPI Darul Abror di Masa Pandemi. Indonesian Research Journal on Education, 3(1), 475–481.
Pohan, S. (2021). Strategi Dan Metode Pembelajaran Generasi Milenial. Yogyakarta: Bildung.
Rachmawati, W. A. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Kecamatan Klojen Kota Malang. Universitas Islam Malang.
Rahman, A. (2023). Pembukuan al-Quran Dalam Perspektif Historis. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 1147–1153.
Santosa, A. D., & Alhidayah, N. L. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Jurnal Seumubeuet, 1(2), 114–133.
Siregar, A., Chairunnisa, A. M., Syaifullah, M., Sitepu, N. P. S. B., & Herman, N. A. S. (2022). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 526–535.
Uccang, M. R., & Aras, A. (2022). Tantangan dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Kontemporer dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Peserta Didik.
Wijoyo, H. (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.
Winata, K. A., Fajrussalam, H., Syah, M., & Erihadiana, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al-Qur’an melalui Guru Pendidikan Agama Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Chairuddin Siregar, Muhklis, Wahyu Ningsih Syahputri, Juliana Rahmah, Octa Apriani, Muhammad Arif , Mutia Khairani (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.