Implementasi Metode Talqin Dalam MenghafalSurah Pendek Pada Anak Usia 5-12 Tahun Di Desa Cempedak Lobang

Penulis

  • Etika Sari STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Sari Atika Parinduri STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Heri Prastya STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Nur Aini STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Kharisma Putri STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Nur Annisa Putri STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Faridah STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Metode Talqin, Menghafal Al-Quran, Surah Pendek, Anak Usia Dini

Abstrak

Menghafal Al-Quran merupakan salah satu upaya dalam menanamkan nilai-nili islam sejak dini. Metode talqin menjadi salah satu pendekatan yang efektif dalam membantu anak-anak usia 5-12 tahun dalam menghafal surah-surah pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode talqin dalam menghafal, serta mengevaluasi efektivitasnya terhadap daya inga dan pemahaman anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa lembaga pendidikan islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talqin, yang melibatkan pembacaan berulang-ulang oleh guru atau orang tua diikuti dengan pengulangan oleh anak, efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan. Faktir-faktor pendukung keberhasilan metode meliputi keteladanan pengajar, lingkungan yang kondusif, serta motivasi yang diberikan pada anak. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti perbedaan tantangan dalam penerapannya, seperti, perbedaan kemampuan anak dalam menyerap hafalan dan tingkat konsentrasi yang bervariasi. Kesimpulannya, metode talqin dapat menjadi strategi yang efektif dalam membimbing anak-anak dalam menghafal surah pendek. Terutama jika didukung dengan pendekatan yang menarik dan interaktif.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Bariroh, S. A. (2022). Stimulus For Autism People Through Memorizing Of the Al-Quran At PD Salimah Gresik. Procedia Of Social Sciences and Humanities, 136.

Chasanah. (2018). urgensi pendidikan hadis dalam pembentukan karakter anak usia dini. jurnal living hadits, 83.

Juliawati, A. R. (2023). Penerapan Metode Talqin dalam meningkatkan hafalan Al-Quran juz 30 . jurnal Raudhah, 117.

Nadjih, D. &. (2016). Prosiding Seminar Nasional Perang Pengasuhan Raudhatul Aflah Dalam Membantu Karakter Bangsa. Tarbiyah, 51-64.

Syaiku, R. S. (2020). Penerapan Pembelajaran Hafalan Hadits pada Usia 5-6 Tahun. Tarbiyah, 142-154.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-01

Cara Mengutip

Sari, E. ., Parinduri, S. A., Prastya, H. ., Aini, N. ., Putri, K. ., Putri, N. A. ., & Faridah. (2025). Implementasi Metode Talqin Dalam MenghafalSurah Pendek Pada Anak Usia 5-12 Tahun Di Desa Cempedak Lobang. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 27-31. https://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/319

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 46

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.