Implementasi Metode Talqin Dalam MenghafalSurah Pendek Pada Anak Usia 5-12 Tahun Di Desa Cempedak Lobang
Kata Kunci:
Metode Talqin, Menghafal Al-Quran, Surah Pendek, Anak Usia DiniAbstrak
Menghafal Al-Quran merupakan salah satu upaya dalam menanamkan nilai-nili islam sejak dini. Metode talqin menjadi salah satu pendekatan yang efektif dalam membantu anak-anak usia 5-12 tahun dalam menghafal surah-surah pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode talqin dalam menghafal, serta mengevaluasi efektivitasnya terhadap daya inga dan pemahaman anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa lembaga pendidikan islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talqin, yang melibatkan pembacaan berulang-ulang oleh guru atau orang tua diikuti dengan pengulangan oleh anak, efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan. Faktir-faktor pendukung keberhasilan metode meliputi keteladanan pengajar, lingkungan yang kondusif, serta motivasi yang diberikan pada anak. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti perbedaan tantangan dalam penerapannya, seperti, perbedaan kemampuan anak dalam menyerap hafalan dan tingkat konsentrasi yang bervariasi. Kesimpulannya, metode talqin dapat menjadi strategi yang efektif dalam membimbing anak-anak dalam menghafal surah pendek. Terutama jika didukung dengan pendekatan yang menarik dan interaktif.
Unduhan
Referensi
Bariroh, S. A. (2022). Stimulus For Autism People Through Memorizing Of the Al-Quran At PD Salimah Gresik. Procedia Of Social Sciences and Humanities, 136.
Chasanah. (2018). urgensi pendidikan hadis dalam pembentukan karakter anak usia dini. jurnal living hadits, 83.
Juliawati, A. R. (2023). Penerapan Metode Talqin dalam meningkatkan hafalan Al-Quran juz 30 . jurnal Raudhah, 117.
Nadjih, D. &. (2016). Prosiding Seminar Nasional Perang Pengasuhan Raudhatul Aflah Dalam Membantu Karakter Bangsa. Tarbiyah, 51-64.
Syaiku, R. S. (2020). Penerapan Pembelajaran Hafalan Hadits pada Usia 5-6 Tahun. Tarbiyah, 142-154.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Etika Sari, Sari Atika Parinduri, Heri Prastya, Nur Aini, Kharisma Putri, Nur Annisa Putri, Faridah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.