Peran Program Kerja Edukasi Sholat Dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Anak Di Kelurahan Pangkalan Dodek Baru Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara
Kata Kunci:
Program KKL, Edukasi Sholat, Kesadaran Beribadah,AnakAbstrak
Program KKL (Kuliah Kerja Lapangan) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran program kerja edukasi sholat dalam meningkatkan kesadaran beribadah anak. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena masih rendahnya pemahaman dan kesadaran sebagian anak dalam melaksanakan sholat sebagai kewajiban utama seorang muslim. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menggali pengalaman, pandangan, dan perubahan perilaku anak setelah mengikuti program edukasi sholat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan anak, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja edukasi sholat berperan penting dalam membangun kesadaran anak untuk melaksanakan sholat secara lebih teratur. Anak-anak tidak hanya mengalami peningkatan pemahaman tentang tata cara sholat, tetapi juga mulai terbiasa menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas harian. Selain itu, adanya pendampingan intensif dari guru serta dukungan lingkungan sekolah dan keluarga turut memperkuat internalisasi nilai-nilai religius pada diri anak. Dengan demikian, program kerja edukasi sholat memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan kesadaran beribadah anak dari perspektif kualitatif.
Unduhan
Referensi
Anggraini, D., & Raisal, A. Y. (2025). Peningkatan kesadaran beragama melalui pembelajaran fikih wudhu dan sholat: Studi kasus pada anak-anak di Desa Baru. Bumi: Jurnal Hasil Kegiatan Sosialisasi Pengabdian kepada Masyarakat
Fhatri, Z., & Rangkuti, N. A. (2024). Penggunaan media bergambar pada efektivitas belajar gerakan sholat anak usia dini di RA As-Syarief Desa Sibanggor Jae. Jurnal TILA
Hibana, H. (2024). Membangun dasar ibadah melalui kegembiraan: Eksplorasi metode bermain dalam pengajaran sholat kepada anak usia dini. Journal of Social Science and Humanities Research
Iman, N., Basri, M., Tajab, M., Saputro, A. D., Erwahyudin, D. D., & Syah, M. D. F. (2025). Implementation of Islamic religious education learning in inclusive schools in Indonesia. Journal of Research in Education and Pedagogy
Mudzofar, M., & Tamam, A. M. (2023). Implementasi e-modul praktik salat untuk meningkatkan kualitas ibadah salat anak. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam
Surahyo, S., & Nurwahyudi, N. (2024). Pembiasaan sholat berjamaah terhadap pembentukan kecerdasan emosional siswa: Studi kasus di SDN 1 Bumi Rahayu. Jurnal Kajian Pendidikan Islam
Yanti, Y. E., Salsabilla, D. E., Rizky, D. M., Cholifah, T. N., Rustantono, H., & Rasyid, H. (2024). Melatih perkembangan spiritual anak melalui pengenalan sholat 5 waktu dengan metode permainan kartu. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dewi Atika, Wildan Maula Ibriza, Nova Eliza, Ridha Sakinah, Anggriani, Ela Afifah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








