Peran Program Kkl Dalam Edukasi Kisah-Kisah Islami Pada Penguatan Akhlak Anak Rumah Tahfidz Qur’an Auladuna Di Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai

Penulis

  • Dewi Atika STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Indah Dina Pratiwi STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Muhammad Ismail Lubis STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Isma Sawitri STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Iza Humairo Tanjung STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Rani Ramadani STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Rahmayani Safitri STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Program KKL, Kisah-Kisah Islami, Akhlak, Rumah Tahfidz Quran

Abstrak

Program KKL (Kuliah Kerja Lapangan) Edukasi Kisah-Kisah Islami merupakan salah satu metode dalam pembinaan karakter dan akhlak anak-anak, khususnya di Rumah Tahfidz Qur’an Auladuna. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai nilai-nilai moral dan etika Islam melalui kisah-kisah islami yang inspiratif. Pendidikan berbasis kisah dalam Islam telah terbukti menjadi metode yang efektif dalam membentuk karakter individu sejak usia dini. Kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadis memberikan banyak pelajaran berharga bagi kehidupan sehari-hari, seperti nilai kejujuran, kesabaran, dan keteguhan iman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program KKL dalam memperkuat akhlak anak-anak di Rumah Tahfidz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKL Edukasi Kisah-Kisah Islami berkontribusi secara signifikan dalam membentuk karakter anak-anak, meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai keislaman, serta membangun kebiasaan positif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya program ini, anak-anak lebih memahami pentingnya kejujuran, kesabaran, serta nilai-nilai moral lainnya yang diajarkan dalam Islam. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode storytelling yang digunakan dalam program KKL efektif dalam menarik perhatian anak-anak dan mempermudah mereka dalam memahami serta menginternalisasi nilai-nilai islami.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Al-Ghazali. (2021). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Darul Fikr.

Arifin, Z (2022). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Azra, A (2023). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.

Hamka (2020) Tasawuf Modern. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Muhaimin (2021). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Nasution, H (2022). Falsafah dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Qardhawi, Y (2023). Pendidikan Islam dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Gema Insani.

Sya’roni, I (2022). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, A (2023). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuhairini (2021). Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Mulyasa (2023). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahmud, A (2021). Psikologi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsuddin, S (2022). Model Pendidikan Akhlak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Rahman, F. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani.

Hasan, M. (2021). Pendidikan Islam dan Implementasinya dalam Kehidupan Sosial. Surabaya: Al Ikhlas.

Yusuf, M. (2023). Metode dan Pendekatan dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: UII Press.

Latif, A. (2022). Pendidikan Islam Kontemporer: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.

Nurhadi. (2023). Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Islam. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-01

Cara Mengutip

Atika, D. ., Pratiwi, I. D., Lubis, M. I. ., Sawitri, I. ., Tanjung, I. H. ., Ramadani, R. ., & Safitri, R. . (2025). Peran Program Kkl Dalam Edukasi Kisah-Kisah Islami Pada Penguatan Akhlak Anak Rumah Tahfidz Qur’an Auladuna Di Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 45-50. https://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/324

Artikel Serupa

1-10 dari 35

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.