Peran Program Kkl Dalam Edukasi Kisah-Kisah Islami Pada Penguatan Akhlak Anak Rumah Tahfidz Qur’an Auladuna Di Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai
Kata Kunci:
Program KKL, Kisah-Kisah Islami, Akhlak, Rumah Tahfidz QuranAbstrak
Program KKL (Kuliah Kerja Lapangan) Edukasi Kisah-Kisah Islami merupakan salah satu metode dalam pembinaan karakter dan akhlak anak-anak, khususnya di Rumah Tahfidz Qur’an Auladuna. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai nilai-nilai moral dan etika Islam melalui kisah-kisah islami yang inspiratif. Pendidikan berbasis kisah dalam Islam telah terbukti menjadi metode yang efektif dalam membentuk karakter individu sejak usia dini. Kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadis memberikan banyak pelajaran berharga bagi kehidupan sehari-hari, seperti nilai kejujuran, kesabaran, dan keteguhan iman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program KKL dalam memperkuat akhlak anak-anak di Rumah Tahfidz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKL Edukasi Kisah-Kisah Islami berkontribusi secara signifikan dalam membentuk karakter anak-anak, meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai keislaman, serta membangun kebiasaan positif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya program ini, anak-anak lebih memahami pentingnya kejujuran, kesabaran, serta nilai-nilai moral lainnya yang diajarkan dalam Islam. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode storytelling yang digunakan dalam program KKL efektif dalam menarik perhatian anak-anak dan mempermudah mereka dalam memahami serta menginternalisasi nilai-nilai islami.
Unduhan
Referensi
Al-Ghazali. (2021). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Darul Fikr.
Arifin, Z (2022). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Azra, A (2023). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
Hamka (2020) Tasawuf Modern. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Muhaimin (2021). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasution, H (2022). Falsafah dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Qardhawi, Y (2023). Pendidikan Islam dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Gema Insani.
Sya’roni, I (2022). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, A (2023). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuhairini (2021). Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyadi (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Mulyasa (2023). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahmud, A (2021). Psikologi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Syamsuddin, S (2022). Model Pendidikan Akhlak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Rahman, F. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani.
Hasan, M. (2021). Pendidikan Islam dan Implementasinya dalam Kehidupan Sosial. Surabaya: Al Ikhlas.
Yusuf, M. (2023). Metode dan Pendekatan dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: UII Press.
Latif, A. (2022). Pendidikan Islam Kontemporer: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.
Nurhadi. (2023). Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Islam. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dewi Atika, Indah Dina Pratiwi, Muhammad Ismail Lubis, Isma Sawitri, Iza Humairo Tanjung, Rani Ramadani, Rahmayani Safitri (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.