Efektivitas Program KKL Dalam Pembentukan Karakter Dan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa KKL STAI Tebingtinggi Deli Di Desa Bandar Silou)

Penulis

  • Mirza Syarat Rambe Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Rudi Chaniago Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Irma Suryani Sinaga Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Nurul Anisa Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Aulia Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Sri Wulan Fadila Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Efektivitas, Kuliah Kerja Lapangan, Karakter, Kompetensi Mahasiswa

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKL) merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. KKL dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi merupakan upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi. Dengan pelaksanaan KKL ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa. Populasi dan sampel dalam penelitian oleh mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli peserta KKL dan masyarakat dilokasi Desa Bandar Silou Kabupaten Simalungun lokasi pelaksanaan KKL. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai kompetensi sosial mahasiswa dan kompetensi kepribadian mahasiswa yang dirasakan oleh masyarakat selama KKL berlangsung. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peranan KKL sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa khususnya kompetensi sosial masyarakat dan kompetensi kepribadian sangat jelas didapati dilokasi penelitian.   

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Lickona, T. (2013). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications.

Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance. New York: John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Hukum dan HAM.

Hidayat, R. (2020). Efektivitas Kuliah Kerja Nyata dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 9(2), 45–54.

Ningsih, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 101–112.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-04

Cara Mengutip

Rambe, M. S. R., Chaniago, R. C., Sinaga, I. S. S., Anisa, N. A., Aulia, & Fadila, S. W. F. (2025). Efektivitas Program KKL Dalam Pembentukan Karakter Dan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa KKL STAI Tebingtinggi Deli Di Desa Bandar Silou). INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50-55. https://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/517

Artikel Serupa

1-10 dari 44

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.